sign up SIGN UP search


moms-life

Waspadai Modus Soceng, Incar Korban Lewat Begal Rekening Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 18:50 WIB
dramatic portrait scared and stressed Asian Korean teen girl or young woman with laptop computer and mobile phone suffering cyber bullying stalked and harassed with internet password hacked caption
Jakarta -

Belakangan ini, Social Engineering atau soceng kerap terjadi. Pelaku yang juga dikenal sebagai begal rekening menggunakan modus soceng untuk menguras habis harta korban, Bunda.

Umumnya, pelaku soceng mengatasnamakan pihak perbankan atau instansi tertentu agar meyakinkan korbannya. Jika Bunda kurang waspada berisiko menjadi korban dan bisa dikuras habis hartanya.

Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan soceng? Definisi soceng menurut investopedia adalah trik manipulasi korban hingga mereka menyerahkan informasi penting. Menurut Menurut Kaspersky, social engineering adalah teknik manipulasi yang bersifat eksploitatif terhadap kesalahan manusia.


Tujuan dari aksi soceng adalah mendapatkan informasi pribadi, akses, atau barang-barang berharga. Selain mencuri uang di rekening, soceng kerap digunakan untuk menyadap informasi perusahaan hingga mengeksploitasi keamanan negara, Bunda.

Banner Cara Membuat Infused WaterBanner Cara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Hati-hati Bunda, modus soceng kerap mencatut nama perbankan di Indonesia, lho. Belum lama ini beredar tangkapan layar berisi pesan singkat, dan tautan tentang perubahan biaya administrasi ATM BRI sejumlah Rp150.000 per bulan dengan unlimited transaksi.

Tindak penipuan lainnya mengatasnamakan Bank BCA. Kedoknya adalah tawaran menjadi nasabah prioritas untuk mengelabui korban. Penawaran disebarkan di media sosial melalui akun BCA palsu.

Modus lain yang mengatasnamakan BCA adalah tawaran upgrade menjadi BCA Solitaire dan Prioritas melalui telepon dan WhatsApp. Waspada nih, bagi Bunda yang hobi berselancar di media sosial. Modus yang sama juga ditemukan di Instagram, lho.

Dalam praktiknya, pelaku social engineering menerapkan banyak cara untuk menipu korban. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(aci/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!