sign up SIGN UP search


moms-life

Pasutri Tidur di Kamar Terpisah Selama 7 Tahun, Temukan Manfaat Tak Diduga

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 20:25 WIB
PENELITIAN TENTANG TIDUR SECARA TERPISAH
Sad and thoughtful couple after arguing lying in the bed caption

Wanita itu menceritakan hal yang ia temukan ketika membaca buku berjudul Two in a Bed: The Social System of Couple Bed Sharing karya Paul C. Rosenblatt, seorang profesor di bidang sosiologi.

Dalam buku tersebut, ia memaparkan tentang bagaimana pengaruh tidur berdua pasangan terhadap masalah psikologis. Di beberapa kasus, pasangan tidak cocok tidur bersama hingga menyebabkan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Para peneliti juga telah berbicara dengan para pasangan suami istri dan mereka menilai bahwa ruang tidur adalah pusat tekanan di rumah tangga.


"Profesor mengatakan bahwa di beberapa kasus, pasangan dapat menyelesaikan masalah ini dengan tidur di ruang terpisah seperti kami. Namun masih banyak yang menilai hal tersebut tidak wajar," kata wanita itu.

Di sisi lain, ada juga penjelasan mengenai ketidakcocokan pasangan suami istri ketika tidur berdua. Psikologis mengatakan bahwa secara natural, pria berusaha melindungi tempatnya, yaitu ranjang mereka. Sehingga apabila ada orang yang tidur di tempatnya, ia bisa merasa resah dan tidak rileks.

"Tidur adalah kegiatan yang bersifat egois, sehingga kita tidak bisa selalu membaginya bersama," kata seorang pakar tidur, Dr. Neil Stanley.

(anm/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!