sign up SIGN UP search


moms-life

Berapa Kali Idealnya Suami Istri Berhubungan Intim Dalam Seminggu? Ini Kata Pakar

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 23:02 WIB
ilustrasi pasangan/tips seks Frekuensi seks yang ideal dalam seminggu/iStock

Apakah Bunda dan suami punya jadwal berhubungan seks secara rutin? Hubungan seks berperan penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga, lho.

Menurut ahli, penting mengetahui frekuensi seksual yang diinginkan setiap pasangan agar kehidupan seks selalu memuaskan. 

Meski jumlah frekuensi seks tidak menjadi patokan kepuasan seksual namun bisa mempengaruhi hubungan itu sendiri. Berapa kali ya idealnya frekuensi seks pasutri dalam seminggu?


“Penting untuk mengetahui bahwa frekuensi seksual normal yang ditentukan oleh apa yang disetujui pasangan untuk saling memuaskan," papar Shamyra Howard, LCSW, seorang seksolog, seperti dilansir dari Mind Body Green

Frekuensi seks yang dianjurkan untuk suami istri

Menurut data dari 2018 General Social Survey yang melibatkan 660 orang menikah berbagi rincian tentang seberapa frekuensi seks mereka dalam satu tahun terakhir. Hasilnya terlihat mayoritas (sebanyak 25%) pasutri berhubungan seks seminggu sekali.

Kemudian diikuti 19% pasutri berhubungan seks dua hingga tiga kali per bulan, dan 16% yang berhubungan seks dua hingga tiga kali per minggu.

Penelitian lain menemukan angka yang serupa. Sebuah studi lainnya yang melibatkan 35 ribu orang Inggris dan diterbitkan pada 2019, menemukan bahwa sekitar setengah dari orang-orang dalam hubungan serius bercinta kurang dari sekali seminggu.

Frekuensi seks minimal seminggu sekali bikin bahagia

Howard pun mencatat bahwa sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa pasangan paling bahagia ketika berhubungan seks sekitar seminggu sekali.

Kemudian kebahagiaan mereka dengan hubungan menurun ketika berhubungan seks lebih jarang dari itu. Namun kebahagiaan juga tidak meningkat ketika berhubungan seks lebih sering dari satu kali dalam seminggu.

"Sepertinya angka ajaib untuk mempertahankan kesejahteraan seksual yang positif dalam suatu hubungan adalah seminggu sekali," ujar Howard.

Berapa kali idealnya frekuensi seks pasutri dalam seminggu?

Tidak ada jumlah ideal berapa kali pasutri harus berhubungan seks dalam seminggu. Apa yang dibutuhkan dan diinginkan setiap pasangan bervariasi berdasarkan preferensi pribadi.

"Frekuensi pasangan yang 'harus' berhubungan seks adalah frekuensi mereka bernegosiasi berdasarkan kebutuhan dan tingkat keinginan masing-masing. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua," jelas Lauren Fogel Mersy, PsyD, psikolog dan terapis seks bersertifikat AASECT.

Lauren menambahkan, "Saya ragu untuk merekomendasikan nomor tertentu karena tidak cocok untuk sebagian besar populasi. Ketika orang menggunakan statistik untuk menentukan frekuensi seksual mereka, itu memperkuat seks performatif, yaitu bercinta hanya karena mengikuti aturan."

Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Edukasi seks pada anak bisa dimulai sedini mungkin, simak tips dari psikolog di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



FREKUENSI SEKS IDEAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!