sign up SIGN UP search


moms-life

Serba-serbi Susu Almond untuk Diet, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 06:55 WIB
Almond Milk in glass bottle and tumbler with almond nuts in a wooden bowl on light blue table top with fringed Hessian coaster mat early morning sunlight from left. Susu almond untuk diet/Foto: Getty Images/iStockphoto/jlcst

Mengonsumsi susu almond untuk diet sering dikaitkan dengan penurunan berat badan, benarkah demikian? 

Bunda yang sering mengonsumsi susu almond mungkin mempertanyakan, bagaimana bisa susu ini berpengaruh pada penurunan berat badan, padahal saat mengonsumsinya Bunda tidak merasa kenyang?

Itu karena kalori dalam susu almond berbentuk cair, Bunda. Sehingga tidak membuat Bunda mudah kenyang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Harvard T.H. Chan School of Public Health, susu almond terbukti membuat Bunda mengonsumsi kalori tanpa merasa kenyang.


Banner 5 Anak Terpintar di Dunia

Untuk itu, disarankan bagi Bunda mendapatkan sebagian besar kalori cair lain dari air dan minuman dengan sumber kalori cair dalam jumlah sedang. 

Susu almond sangat rendah kalori, bahkan lebih rendah dari susu skim yang memberikan keuntungan untuk membantu mengurangi berat badan. Secangkir susu almond tanpa pemanis hanya memiliki 39 kalori, sedangkan susu skim 91 kalori dalam susu skim dalam porsi yang sama.

Jika Bunda minum segelas susu setiap hari, beralih ke susu almond tanpa pemanis maka akan menghemat hampir 19 ribu kalori sepanjang tahun. Angka tersebut setara dengan lebih dari 5 pound atau 2,3 kg lemak yang akan Bunda hilangkan tanpa membuat penyesuaian lain pada asupan kalori maupun pola makan.

Ada juga beberapa bukti yang menghubungkan konsumsi susu dengan kehilangan lemak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada 2015 menunjukkan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya untuk menentukan apakah ada hubungan antara asupan susu dan berat badan.

Setelah mempelajari hasil dari 41 penelitian, para peneliti menemukan bahwa meski pelaku diet mengonsumsi tiga porsi susu sehari mungkin tidak membantu menurunkan berat badan tapi kehilangan lemak tubuh.

Jadi walaupun berat badan tidak berkurang secara signifikan tapi tetap membantu menghempaskan lemak.

Kandungan susu almond

Susu almond untuk diet memang menjadi salah satu opsi yang banyak direkomendasikan dalam program penurunan berat badan. Sebab susu diet yang satu ini kaya nutrisi. Bukan hanya dari susu dan air, tapi juga dari bahan tambahan lainnya, Bunda.

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam susu almond?

Kalsium dan vitamin D

Salah satu nutrisi yang baik dalam susu almond adalah mengandung kalsium dan vitamin D. Meski tidak sebanding dengan susu sapi tapi banyak produsen yang berusaha menambahkan kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Vitamin E

Susu almond juga kaya akan vitamin E. Sayangnya, setelah disaring dan diencerkan oleh produsen maka kandungan vitamin E menjadi tidak begitu banyak. Untuk mengembalikan kadarnya, beberapa merek menambahkan vitamin E ekstra ke dalamnya.

Pengental

Pengental bisa membantu membuat susu almond kaya dan lembut. Meski pengental dalam susu almond sedikit terdengar berbahaya bagi kesehatan namun tidak perlu khawatir, Bunda akan senang mengetahui bahwa pengental ini tidak berbahaya.

Gula

Jumlah gula dalam segelas susu almond bisa sangat bervariasi. Ada pula jenis susu almond tanpa pemanis atau bebas gula. 

Di sisi lain, beberapa variasi susu almond dengan rasa manis dapat mengemas sebanyak 18 gram gula per cangkir (atau 4 1/2 sendok teh gula), yang dapat menaikkan nilai minuman. Sementara susu almond tanpa pemanis hanya mengandung 7 gram gula per cangkir.

Santan

Kebanyakan susu almond hanya mengandung sedikit santan. Bunda  mungkin tidak perlu memusingkan lemak jenuh dari santai. Namun berhati-hatilah dengan gula karena sering ditambahkan ke campuran almond bersantan.

Perasa

Sedikit perasa cokelat atau vanila bisa Bunda tambahkan ke susu almond. Akan tetapi, bertahan dengan tipe susu almond tanpa pemanis akan lebih baik, Bunda.

Kekurangan susu almond untuk diet

Satu hal yang kurang dari susu almond untuk diet adalah hanya mengandung sedikit protein. Faktanya, satu porsi susu almond hanya memiliki sekitar satu gram protein per cangkir. Dibandingkan dengan satu cangkir susu sapi atau kedelai yang mengandung 8 gram protein.

“Tidak seperti susu sapi dan susu kedelai, susu almond secara alami rendah protein,” kata Alicia Romano, ahli diet terdaftar di Frances Stern Nutrition Center, Tufts Medical Center, seperti dikutip dari Time.

Jika Bunda sudah mendapatkan banyak protein dalam makanan, itu mungkin bukan masalah. Namun jika seorang vegetarian atau vegan maka susu almond untuk diet mungkin bukan pilihan yang tepat. 

“Untuk menurunkan berat badan, penting mendapatkan protein yang cukup dalam diet Anda demi membantu menjaga massa otot serta rasa kenyang. Sekarang beberapa merek memompa protein dengan menambahkan kacang lain, almond ekstra, atau bahkan protein kacang polong sehingga memilih susu nabati yang kaya nutrisi dan protein merupakan strategi yang baik,” kata Sharon Palmer, MS, RDN, selaku pakar nutrisi sekaligus penulis The Plant-Powered Diet.

Cara membuat susu almond

Jika ingin lebih sehat, Bunda bisa membuat susu almond sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat susu almond untuk diet di rumah?

“Susu almond sebenarnya merupakan produk sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah hanya dengan beberapa bahan. Yang dibutuhkan hanyalah almond yang direndam semalaman kemudian ditumbuk menjadi pasta, disaring dengan air yang dicampur,” jelas Sharon.

Cara memilih susu almond untuk diet di supermarket

Jika tidak sempat membuatnya sendiri di rumah, pertimbangkan beberapa hal saat memilih susu almond untuk membantu menurunkan berat badan. Ahli gizi pun memberikan kriterianya berikut ini:

Tanpa pemanis

"Saya merekomendasikan memilih susu almond tanpa pemanis. Versi tanpa pemanis tetap memiliki rasa manis yang lezat tapi tanpa terlalu banyak tambahan gula," kata Haber.

Daftar bahan sesingkat mungkin

"Yang terbaik dalam mencari susu almond dengan melihat daftar bahan yang lebih pendek dan sedikit ditambahkan ke dalamnya. Meskipun normal dan benar-benar aman untuk menambahkan beberapa stabilisator, lebih dari 2 atau 3 di antaranya, sebagian besar, tidak perlu,” saran Haber lagi.

Bebas keragenan

Apa itu keragenan? Karagenan adalah bahan yang berpotensi menimbulkan peradangan dan sering ditambahkan ke makanan untuk mengentalkan serta meningkatkan umur simpan makanan atau minuman tertentu. 

"Keamanan karagenan dipertanyakan oleh sebagian besar penelitian karena hingga saat ini hanya dilakukan pada hewan. Sebagian besar merek menghilangkan karagenan dari produk mereka karena kekhawatiran itu," tambahnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda juga bisa coba jenis makanan dalam video berikut ini sebagai pengganti nasi saat diet:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!