sign up SIGN UP search

moms-life

Susu Osamilk Penambah Berat Badan, Amankah Diminum saat Diet?

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 23 Aug 2022 06:30 WIB
SUSU UNTUK DIET TURUN BERAT BADAN
Susu Osamilk banyak menjadi perbincangan karena dianggap bisa membantu menaikkan berat badan. Seberapa efektif minum susu untuk diet? caption

Susu juga bisa menurunkan berat badan

Mengutip Times of India, susu juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sesuai penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, orang yang mengikuti diet rendah kalori kehilangan lebih banyak berat badan ketika mengonsumsi tiga porsi produk susu setiap hari daripada yang menghindari produk susu.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang mengikuti diet tinggi produk susu dapat mengatur berat badan mereka  lebih baik setelah kehilangannya dan  memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil.

Selain itu, mengonsumsi kalsium juga dapat mengurangi risiko obesitas, sindrom metabolik, diabetes tipe-2, bahkan penyakit kardiovaskular.


Jika ingin menurunkan berat badan, Bunda disarankan memperhatikan kisaran kalori per porsi dari produk susu itu sendiri. “Susu almond akan mengandung lebih sedikit kalori daripada susu kedelai misalnya. Total asupan susu selain total kalori per hari inilah yang perlu dinilai untuk mencegah penambahan berat badan,” saran Shena Jaramillo, MS, RD.

banner batas usia wanita hamil

Bagus untuk kesehatan

Susu secara alami tinggi kalsium dan sering diperkaya dengan vitamin D, dua nutrisi yang penting untuk perkembangan dan kesehatan tulang. Terlebih lagi, mengandung vitamin A yang meningkatkan kesehatan mata yang optimal dan mendukung sistem kekebalan tubuh Bunda.

Dua protein utama dalam susu adalah whey dan kasein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, dua faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah berolahraga dapat membantu membangun otot tanpa lemak dan meningkatkan komposisi tubuh. Susu merupakan bagian penting dari diet seimbang dan secangkir susu atau 250 ml setiap hari dapat membantu Bunda tetap berenergi. 

Jika Bunda mengonsumsi protein shake setelah berolahraga, tambahkan ke dalam susu. Kalau Bunda toleran laktosa maka dapat memilih susu nabati seperti, kedelai dan kacang.

Yuk imbangi diet Bunda dengan minum susu. 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!