sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Berhubungan Intim yang Aman dan Nyaman Setelah Operasi Caesar

Arina Yulistara   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 22:45 WIB
Tanda wanita sudah mencapai orgasme Tips seks nyaman setelah operasi caesar/Foto: Getty Images/iStockphoto/Denisfilm

Berhubungan intim setelah operasi caesar membuat banyak wanita tak merasa nyaman. Bagi seorang ibu baru, butuh waktu lebih banyak untuk berhubungan seks kembali setelah melahirkan dengan operasi caesar. Beberapa dari Bunda mungkin memiliki ketakutan tersendiri.

Belum lagi beberapa faktor yang menyebabkan seks menjadi tidak nyaman setelah melahirkan. Vagina mungkin terhindar dari trauma tapi tubuh masih mengalami perubahan hormonal yang dapat menyebabkan vagina menjadi lunak dan kering. 

Tidak hanya itu, operasi besar dapat disertai dengan komplikasi yang mempengaruhi seks. Tak heran bila banyak wanita yang mengeluhkan seks setelah operasi caesar.


“Pemulihan dari operasi caesar harus menjadi prioritas nomor satu," papar Dr. Staci Tanouye, seorang dokter obgyn bersertifikat di Jacksonville Beach, Florida, dilansir dari Insider.

Staci menyarankan agar semua ibu baru melahirkan, baik per vagina atau operasi caesar harus menunggu setidaknya 6 minggu sebelum melanjutkan aktivitas seksual. Meskipun tidak ada aturan keras mengenai berapa lama pasangan harus menunggu setelah melahirkan untuk berhubungan seks.

“Itu jumlah rata-rata waktu yang dibutuhkan rahim untuk kembali ke ukuran normal dan serviks Anda menutup serta sayatan operasi ceesar bisa sembuh dengan baik," tambahnya.

Seks nyaman setelah operasi caesar

Bunda dan suami bisa mencoba berhubungan seks setelah masa nifas selesai atau setelah enam minggu. Yuk simak tips berhubungan intim yang aman dan nyaman setelah operasi caesar.

1. Pilih posisi seks yang tepat

Pilih posisi seks yang tepat setelah melakukan operasi caesar. Posisi suami di atas seperti misionaris dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada jahitan Bunda, terutama jika masih lunak.

Bunda mungkin ingin menggunakan posisi woman on top, masuk dari samping seperti spooning, atau doggy style demi menghindari kontak langsung dengan jahitan perut. Meski sayatan sudah sembuh sekitar enam minggu pada kebanyakan orang, mungkin masih sensitif terhadap tekanan.

Bunda juga mungkin akan merasakan mati rasa atau kesemutan di sekitar lokasi jahitan. Ini normal, Bunda. Namun tidak lupa melaporkan rasa sakit (terutama jika baru atau parah) ke dokter segera.

2. Gunakan pelumas

Mengutip Verywell Family, pelumas vagina bisa membantu membuat seks pasca-caesar lebih menyenangkan. Kebanyakan orang memiliki masalah dengan pelumasan setelah melahirkan, terutama jika sedang menyusui atau menggunakan kontrasepsi hormonal.

Selain pelumas yang dibeli di toko, ingatlah bahwa foreplay dapat membantu meningkatkan jumlah pelumasan yang dibuat secara alami oleh tubuh Bunda. Gabungkan banyak pelukan, ciuman, pijatan, dan variasi foreplay lainnya.

Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

WASPADAI ASI MEREMBES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!