sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Berhubungan Intim yang Aman dan Nyaman Setelah Operasi Caesar

Arina Yulistara   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 22:45 WIB
WASPADAI ASI MEREMBES
ilustrasi seks/pasangan suami istri caption

3. Saling perhatian

Tips seks setelah operasi caesar tidak melulu soal penetrasi. Bunda dan suami juga harus mendorong perhatian lebih banyak satu sama lain karena memiliki bayi baru itu tidak mudah.

Stres dan kelelahan bisa membuat Bunda menjadi kurang bergairah sehingga aktivitas seks tak nyaman. Bunda dan suami bisa mengatur jadwal romantis di tengah kesibukan mengurus bayi baru.

Misalnya saja, berpegangan tangan saat jalan-jalan sore ke taman. Bermain footsie ketika makan malam, atau hanya saling berpelukan sambil menyusui bayi dan menonton televisi malam hari.


Tindakan kasih sayang yang kecil ini membantu meningkatkan perasaan cinta dan dukungan. Hal itu juga dapat membantu meningkatkan pelumasan dan membuat seks lebih menarik serta nyaman.

4. Kendalikan ASI yang rembes

Jika memberikan ASI eksklusif, ‘payudara bocor’ saat foreplay bisa membuat seks menjadi kurang nyaman. Untuk itu, mungkin Bunda bisa memberikan bantalan payudara saat berhubungan seks. 

Seks dengan busana yang seksi atau hanya memakai bra terkadang bisa lebih menggairahkan. Namun tetap memastikan memilih posisi seks yang nyaman dan aman.

Banner Gawat Janin

5. Jangan lupakan kontrasepsi

Memiliki bayi tidak melindungi Bunda dari kehamilan. Ini masih berlaku jika telah melakukan operasi caesar. Bahkan ketika Bunda belum menstruasi.

Bunda masih bisa berovulasi. Inilah sebabnya mengapa pengendalian kelahiran sangat penting. Coba bicarakan dengan dokter tentang bentuk kontrasepsi terbaik buat Bunda.

Meski Bunda menginginkan anak lagi segera, paling aman menunggu enam hingga 18 bulan di antara kehamilan setelah melakukan operasi caesar.

 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!