sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari, Tubuh Lebih Segar Saat Bangun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 11:40 WIB
Ilustrasi Tidur caption
Jakarta -

Mendapatkan tidur atau istirahat berkualitas sangat penting, Bunda. Namun sayangnya, beberapa orang mungkin selalu mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Dikutip dari HealthLine, kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit yang tidak disengaja dan banyak kondisi kesehatan kronis. Ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

Untuk mendapatkan tidur nyenyak, Bunda perlu untuk melakukan beberapa gaya hidup. Apa saja? Simak selengkapnya sebagai berikut, ya:


1. Tetapkan rutinitas

Jadwal tidur yang konsisten adalah bagian penting dalam mengembangkan kebersihan tidur yang baik. Menurut Mayo Clinic, sering mengubah waktu tidur dan bangun dapat membingungkan jam biologis tubuh.

Cobalah untuk mengikuti jadwal yang teratur, bahkan pada akhir pekan dan hari libur sekalipun. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Untuk menetap pada jadwal tidur ini, Bunda bisa lho persiapkan pikiran dan tubuh dengan mengembangkan rutinitas waktu tidur yang santai. Bisa dimulai sekitar beberapa waktu sebelum berbaring di setiap malam.

Rutinitas yang bisa dilakukan misalnya, mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku, atau melakukan aktivitas lain yang membantu Bunda bersantai. Ini akan memberi sinyal ke tubuh bahwa waktu tidur akan datang dan membantu Bunda tertidur lebih cepat serta mudah.

2. Jauhkan barang elektronik dari tempat tidur

Cobalah untuk memisahkan kamar tidur dari aspek lain kehidupan yang dapat menyebabkan stres, ketegangan, atau rangsangan. Menurut National Sleep Foundation, kehadiran perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dapat membuat seseorang lebih sulit untuk tertidur.

Cahaya biru dari layar elektronik yang bersinar menekan produksi melatonin tubuh, ini merupakan hormon penting untuk tidur lho, Bunda. Oleh karena itu, hindari menonton televisi, menggunakan komputer, atau memeriksa ponsel di tempat tidur.

3. Mengatur keadaan

Menurut Mayo Clinic, meningkatkan kualitas tidur dapat dimulai dengan perubahan pada lingkungan sekitar. Tempat tidur atau kasur, bantal, serta selibut dapat membuat perbedaan besar.

Selanjutnya, pikirkan tentang cahaya, suara, dan suhu. Ini adalah beberapa penyebab paling umum dari gangguan tidur. Coba temukan cara untuk memoderasi faktor-faktor tersebut dan ciptakan lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk.

4. Pikirkan apa yang dikonsumsi

Apa yang diminum atau dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur dapat membuat atau Bunda kesulitan untuk tertidur. Misalnya saja seperti kafein dan alkohol, yakni dua penyebab umum yang dapat mengganggu tidur.

Kafein adalah stimulan yang dapat membuat kita tetap terjaga. Menurut Divisi Kedokteran Tidur di Harvard Medical School, efek kafein bisa memakan waktu enam hingga delapan jam untuk hilang. Jadi hindari minum minuman berkafein, seperti kopi atau soda, di sore atau malam hari, ya.

Sedangkan alkohol adalah obat penenang yang dapat membuat kita kelelahan yang juga dapat mengganggu kualitas tidur. Ini dapat dapat membuat seseorang merasa pusing keesokan paginya.

Alih-alih kopi dan alkohol, lebih baik minum secangkir kecil dengan memberika efek menenangkan sebelum tidur, seperti teh herbal panas atau susu.

5. Bangun dan coba lagi

Mengatur jam tidur memang sulit, namun cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika masih berbaring setelah 15 menit terbangun di pagi hari, maka segeralah bangun tempat tidur dan lakukan sesuatu yang lain seperti mandi, membaca, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Sela tips tersebut, Bunda juga bisa mendapatkan tidur dengan kualitas bagus dengan beberapa produk home living berikut, lho. Ya, Metro sedang menawarkan produk matras dengan harga spesial, lho. Selain itu, Bunda juga akan dapat potongan harga atau diskon tambahan jika melakukan transaksi dengan Allo Bank, lho.

Penasaran? Simak beberapa di antaranya sebagai berikut, ya:

1. King Koil dengan harga spesial Rp9.900.000.
2. Florence harga spesial mulai dari Rp128.000 hingga Rp132.000.
3. The Luxe dengan diskon berlipat, yakni 60 persen + 20 persen + 5 persen + 5 persen + 5 persen.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

(AFN/AFN)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!