sign up SIGN UP search


moms-life

6 Manfaat Berhubungan Seks Tiap Hari, Bikin Bunda Makin Cantik

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 22:00 WIB
ilustrasi pasangan/seks Manfaat berhubungan seks tiap hari/Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Manfaat seks bukan hanya menyangkut kesenangan atau kepuasan seksual. Ini bisa menjangkau hal yang lebih jauh seperti memperkuat hubungan pernikahan, hidup lebih sehat dan sejahtera, bahkan memengaruhi kecantikan.

“Ada banyak penelitian yang menjelaskan manfaat kesehatan dari seks. Kebanyakan berhubungan dengan pencapaian orgasme,” kata Sandra L. Caron, PhD, terapis seks sekaligus profesor hubungan keluarga dan seksualitas manusia di University of Maine’s College of Education and Human Development, Orono, seperti dilansir dari Everyday Health.

Seks, terutama bila mencapai orgasme, memberi banyak manfaat untuk tubuh. Pelepasan hormon yang terjadi ketika orgasme bisa membuat Bunda less stress, menjaga organ intim tetap sehat, sampai menjaga kinerja jantung tetap optimal. 


Melihat banyak manfaat tersebut, seberapa sering sih seks harus dilakukan? Jika dilakukan setiap hari, apa akan membuat manfaatnya juga lebih besar?

Manfaat berhubungan seks tiap hari

1. Membangun keintiman emosional

Manfaat seks yang utama tentu tidak hanya meningkatkan keintiman fisik tapi juga membantu memperkuat ikatan emosional antara kedua pasangan. Dilansir dari Times of India, penting bagi pasangan terlibat secara emosional untuk memperkuat pernikahan.

Berhubungan seks menjadi cara yang bagus untuk membangun keintiman emosional. Ini bisa membuat Bunda dan Ayah semakin dekat dan memiliki koneksi yang kuat.

“Ada efek peningkatan suasana hati untuk memiliki hubungan yang baik dengan seseorang yang Anda percayai dan sayangi,” ujar Caron.

2. Bagus untuk kesehatan jantung dan berat badan

Rutinitas seks yang lebih sering juga bagus untuk kesehatan jantung. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di American Journal of Cardiology menemukan bahwa pria yang berhubungan seks dua kali seminggu atau lebih memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Oktober 2013 di jurnal PLoS One menunjukkan bahwa pria membakar rata-rata 4 kalori per menit selama berhubungan seks 25 menit, dan wanita membakar 3 kalori. Itu jauh lebih menyenangkan daripada olahraga di atas treadmill.

3. Meredakan stres

Manfaat seks lainnya bisa membantu menghilangkan stres. Jika Bunda dan Ayah sering berhubungan seks maka bisa meningkatkan endorfin dan hormon lain pembangkit mood.

Sebuah penelitian di Skotlandia yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychology menemukan bahwa aktivitas seksual mencegah peningkatan tekanan darah yang membuat stres.

Sementara efek ini lebih terasa pada orang yang berhubungan seks dengan penetrasi, seks nonpenetratif dan masturbasi juga dapat meredakan stres.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

HIDUP BAHAGIA DAN AWET MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!