sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Kesehatan dari Orgasme, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 22:35 WIB
hand grasping on bed sheet Manfaat orgasme bagi kesehatan, salah satunya bisa turunkan berat badan/Foto: Getty Images/iStockphoto/sirawit99

Manfaat orgasme tidak hanya untuk meningkatkan kepuasan seksual tapi juga kesehatan secara keseluruhan. Ya, manfaat orgasme memang punya banyak manfaat, Bunda.

Aliran berbagai hormon yang dilepaskan saat orgasme memiliki sejumlah manfaat positif pada kesehatan panggul Bunda. Beberapa pakar juga percaya bahwa orgasme memperkuat otot rahim yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan tubuh lainnya.

“Otot yang kuat dan fleksibel menopang organ panggul kita, mencegah prolaps, mengubah pola sembelit secara dramatis, dan membantu kita mempertahankan kontrol kandung kemih seiring bertambahnya usia,” papar Janine Mahon, seorang dokter pengobatan Cina yang berbasis di New Mexico, seperti dilansir dari Vogue.


Manfaat orgasme bagi kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kesehatan dari orgasme bisa membantu menurunkan berat badan. Seks selama 30 menit bisa membantu Bunda membakar kalori. 

Menurut beberapa ahli, Bunda bisa membakar hingga 200 kalori dengan sesi setengah jam bercinta yang mencakup satu atau tiga orgasme. Sementara orgasme itu sendiri membakar 2 atau 3 kalori tapi seks yang memuaskan bisa membantu menurunkan berat badan.

“Seks yang baik bisa membakar kalori. Jika meningkatkan aktivitas seks sepanjang hari maka akan membantu menurunkan berat badan lebih banyak,” papar Harry Thomas, seorang ahli gizi, dikutip dari The Sun.

2. Meredakan stres

Manfaat orgasme lainnya bisa membantu meredakan stres. Orgasme bisa membuat Bunda lebih rileks karena menurut para ahli, hormon relaksasi dilepaskan ke aliran darah setelah mencapai puncak atau orgasme. 

“Pelepasan orgasme bisa menjadi luar biasa, memungkinkan tubuh sepenuhnya rileks. Pernapasan terkoordinasi yang terjadi dan berfokus pada orgasme membantu mengalihkan pikiran dari stres menuju kesenangan. Orgasme melepaskan dopamin, neurotransmitter utama yang terkait dengan kesenangan dan keinginan di otak,” papar Kameelah Phillips M.D., selaku dokter kulit sekaligus kandungan pendiri Calla Women’s Health di New York, Amerika Serikat, mengutip Insider.

3. Menjaga organ intim Bunda tetap sehat

Orgasme juga bisa membantu menjaga organ intim tetap sehat. Stimulasi ekstra menyebabkan darah mengalir deras ke jaringan genital, membuatnya tetap kenyal dan segar. 

Orgasme setidaknya satu minggu sekali akan memberikan perlindungan terbaik untuk organ intim Bunda. Studi menunjukkan bahwa mengalami orgasme bisa melindungi Bunda terhadap endometriosis, kondisi rahim yang berpotensi berbahaya dan dapat menyebabkan kemandulan.

Cek halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

MENGATASI INSOMNIA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!