sign up SIGN UP search

moms-life

6 Cara Cegah Kanker Payudara, Salah Satunya Rutin Olahraga

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 24 Oct 2022 21:55 WIB
5 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Bagus Dikonsumsi Rutin caption
Jakarta -

Kanker payudara adalah salah satu kanker paling mematikan di Indonesia. Kanker ini adalah pembunuh wanita nomor satu di Indonesia dan Indonesia menempati posisi kedua dengan angkat kematian yang sangat tinggi terkait kanker payudara.

Dr.dr. Farida Briani, Sp.B(K)Onk, dokter spesialis beda onkologi mengatakan bahwa tingginya tingkat kematian pasien kanker payudara bukan hanya kurangnya layanan kesehatan yang disediakan saja, tetapi juga masih banyak wanita yang kurang peduli dengan kesehatan payudara mereka.

Lebih lanjut, kebanyakan pasien kanker payudara melakukan pemeriksaan saat sudah stadium lanjut. Hal ini yang membuat tingkat harapan hidup mereka berkurang.


Kanker payudara yang sudah stadium lanjut mungkin membutuhkan lebih banyak pengobatan dibandingkan dengan kanker stadium awal yang masih bisa ditangani dengan cara mengubah pola hidup lebih sehat.

“Kalau kita punya gaya hidup sehat, kita punya kemungkinan terlindungi dari kanker sepertiganya,” ungkap Dr. Farida dalam acara Penanganan Pasien dan Penyintas Kanker Payudara, kepada HaiBunda.

Menjalani pola hidup sehat untuk mencegah kanker payudara

Bunda, gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko kanker payudara. Lalu, gaya hidup seperti apa yang bisa mengurangi sepertiga risiko kanker payudara? Simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Memiliki berat badan normal

Obesitas itu menjadi salah satu masalah yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk menjaga berat badan normal dengan menjalani olahraga dan menjaga pola makan secukupnya.

“Berat badan normal karena obesitas itu dapat meningkatkan risiko kanker payudara,” ujar Dr. Farida. “Boleh mengonsumsi gula, tetapi jangan sampai berlebihan karena itu bisa meningkatkan risiko kanker payudara.”

2. Rutin olahraga

Bukan hanya mencegah risiko kanker payudara, olahraga secara teratur juga bisa membantu Bunda menjaga kesehatan tubuh dari penyakit yang lainnya. Dalam hal ini, Dr. Farida menyarankan untuk olahraga selama 30 menit dalam sehari dengan level sedang.

“Usahakan dalam seminggu itu sekitar 150 menit atau seminggu 5 kali selama 30 menit dengan level sedang,” jelas Dr. Farida.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui gaya hidup lainnya yang bisa membantu Bunda mengurangi risiko kanker payudara.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 mitos soal kanker payudara yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

MENYUSUI HINGGA HINDARI MEROKOK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!