sign up SIGN UP search

moms-life

Ada Benjolan di Labia Minora, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 22:25 WIB
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus caption

Labia adalah bibir vagina yang terbagi atas dua macam, labia minora dan majora. Labia minora merupakan bibir vagina bagian dalam yang bertekstur tipis dan berukuran kecil. Sementara labia majora adalah bibir vagina bagian luar yang bertekstur tebal dan berlemak.

Kedua bagian vagina memiliki fungsinya masing-masing. Di permukaan labia majora, rambut-rambut vagina muncul sebagai pelindung alami vagina. Terkadang, ada benjolan semacam jerawat muncul di area tersebut. 

“Wanita datang ke kantor saya khawatir tentang benjolan genital sepanjang waktu dan banyak yang berkesimpulan mengerikan bahwa mereka menderita kanker, padahal tidak selalu seperti itu,” ujar Alyssa Dweck, M.D.1, seorang ginekolog di Northern Westchester Hospital, Mount Kisco, New York, sekaligus rekan penulis ‘The Complete A to Z for Your V’, dilansir dari Self.


Benjolan juga bisa ditemukan pada labia minora atau bagian dalam vagina. Penyebabnya beragam, mulai dari jerawat sampai kista.

Benjolan di labia minora umumnya bisa terlihat seperti bisul, melepuh, bintik saja, kutil, atau bahkan berkelompok layaknya ruam. Warnanya juga berbeda-beda, ada yang merah, merah muda, atau cokelat tua. 

Penyebab benjolan di labia minora

1. Kista Bartholin

Dr. Dweck mengatakan bahwa ini adalah salah satu alasan paling umum terkait benjolan di labia minora maupun area lain vagina Bunda. Kelenjar Bartholin mengeluarkan lendir yang melumasi vagina. 

Terkadang, kelenjar tersebut tersumbat atau infeksi yang menyebabkan munculnya benjolan di labia. Ukuran benjolan bisa kecil hingga sebesar bola golf

Jenis kista ini bisa menyakitkan tapi kalau hanya kecil dan tidak terinfeksi maka mungkin Bunda tak menyadarinya. Menurut Mayo Clinic, kalau kista membesar umumnya Bunda akan merasakan benjolan di salah satu sisi labia minora saja. 

2. Jerawat

Jerawat juga bisa berkembang di area labia minora. “Ini tidak biasa seperti munculnya jerawat di wajah Anda, tetapi itu bisa terjadi,” kata Christine Greves, M.D., seorang obgyn di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, Orlando.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), jerawat pada labia minora seringkali disebabkan oleh folikulitis karena infeksi kulit. Jika mengalaminya, Bunda bisa mengompres air hangat untuk menenangkan kulit dan jangan sesekali memencetnya sendiri agar tidak iritasi.

3. Kista sebaceous

Kista yang satu ini tidak berbahaya. Benjolan di labia minora bisa juga disebabkan oleh kista sebaceous.

“Kista sebaceous bersifat jinak, biasanya benjolan superfisial yang dapat muncul di mana saja di vulva dan sering muncul sebagai benjolan di labia. Mereka biasanya memiliki rona putih, bisa soliter atau banyak, dan sering hilang dengan sendirinya,” jelas Dr. Dweck.

Klik halaman selanjutnya untuk informasi lain seputar labia minora, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

PENYEBAB LAIN LABIA MINORA DAN CARA MENGOBATINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!