sign up SIGN UP search

moms-life

7 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri pada Wanita dan Cara Mengobatinya

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 28 Dec 2022 22:20 WIB
A hurting woman, who is sitting on a couch and holding her lower back with her left hand. caption

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengutip Healthline, 84% orang dewasa melaporkan mengalami nyeri pinggang beberapa kali dalam hidup mereka. Rasa sakit pinggang bisa di sebelah kiri saja atau keduanya. 

Punggung bawah Bunda terdiri dari lima tulang belakang. Cakram di antaranya melindungi tulang, ligamen menahan tuang belakang pada tempatnya, dan tendon menempelkan otot ke tulang belakang. 

Sementara itu, pinggang juga memiliki 31 saraf. Belum lagi organ penting, seperti ginjal, pankreas, usus besar, dan rahim juga terletak dekat pinggang. Banyak penyebab potensial yang bisa terjadi saat Bunda mengalami sakit pinggang sebelah kiri.


1001 Nama Bayi Perempuan Islam

Mari kita bahas penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita dan cara mengobatinya.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

1. Ketegangan otot

Ini merupakan penyebab sakit pinggang sebelah kiri paling umum, seperti cedera otot, tendon, dan ligamen penyangga tulang belakang.

“Tanda sakit punggung disebabkan oleh ketegangan otot jika merasa pegal, kaku, mengalami nyeri yang menusuk atau kejang otot,” kata Michael Rosner, MD, seorang ahli bedah saraf di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas George Washington, dilansir dari Insider.

2. Infeksi

Adanya infeksi juga bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Infeksi kandung kemih atau infeksi ginjal kiri dapat menyebabkan rasa sakit terus-menerus yang menjalar melalui punggung kiri bawah.

“Jika memiliki gejala lain seperti rasa terbakar saat buang air kecil, demam, atau menggigil, temui dokter sesegera mungkin untuk memeriksa adanya infeksi,” kata Anthony Chiodo, MD, direktur klinis Spinal Cord Injury Medicine di University of Michigan.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana lesi yang menyakitkan tumbuh di bagian luar rahim wanita. Ini dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri disertai kram hebat saat menstruasi dan nyeri saat berhubungan seksual.

4. Fraktur stres

Aktivitas fisik berulang yang berlebihan, seperti tenis, mendayung, dan senam dapat membuat tulang belakang tegang, mengakibatkan fraktur stres. Area tersebut mungkin terasa sakit saat Bunda menyentuhnya.

Sebagian besar kasus sembuh dengan sendirinya dalam enam hingga delapan minggu. Namun satu-satunya cara untuk mendapatkan diagnosis yang tepat adalah melalui perawatan medis.

5. Kehamilan

Lebih dari dua per tiga wanita hamil mengalami sakit pinggang, paling sering dalam bentuk yang disebut nyeri panggul posterior.

Nyeri panggul posterior merupakan nyeri dalam dan berdenyut yang Bunda alami di satu atau kedua sisi pinggang. Bunda juga mungkin akan mengalami nyeri otot umum di punggung saat bayi tumbuh lebih besar. 

Itu karena berat badan bayi dapat membuang pusat gravitasi Bunda yang mungkin mengharuskan untuk mengimbanginya dengan melatih berbagai otot di punggung.

6. Sacroiliac joint dysfunction

Ini adalah ketika sendi yang menghubungkan tulang pinggul ke bagian bawah tulang belakang bergerak secara tidak normal dan menjadi meradang. Peradangan pada sendi pinggul kiri dapat menyebabkan nyeri tumpul dan pegal di punggung bawah kiri.

Rasa sakitnya umum disertai nyeri pada bokong atau bagian belakang paha kiri atas. Kondisinya bisa kronis atau akibat stres sementara. 

Faktor risiko meliputi kehamilan, panjang kaki yang tidak rata, atau dampak dari kecelakaan seperti jatuh.

7. Tumor

Meski jarang, kanker atau tumor tulang belakang dapat menyebabkan sakit pinggang di sisi kiri atau kanan. Gejala lain mungkin termasuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, demam, mati rasa, lemah, atau kesulitan berjalan.

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri

  • Obat nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen, aspirin, ibuprofen, dan naproxen untuk meredakan nyeri dan peradangan.
  • Obat resep seperti pelemas otot atau pereda nyeri dapat memberikan bantuan jangka pendek.
  • Krim, gel, atau semprotan topikal yang dijual bebas dengan lidokain, mentol, atau capsaicin merangsang saraf di kulit, menghilangkan rasa sakit. Mereka bisa sangat membantu untuk nyeri lokal karena nyeri otot.
  • Bantalan panas atau dingin dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan mobilitas.
  • Latihan inti yang memperkuat perut dan otot yang melapisi tulang belakang dapat membantu menghilangkan stres. Namun tanyakan kepada dokter sebelum memulai program latihan apa pun untuk memastikan olahraga tersebut tepat untuk kondisi Bunda.
  • Pengurangan stres berbasis perhatian atau program meditasi delapan minggu dan yoga lembut yang dapat memperbaiki nyeri punggung bawah kronis.

Jika Bunda ragu bisa mengatasinya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fia/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!