sign up SIGN UP search

moms-life

11 Tanaman Pengusir Tikus yang Mudah Ditanam di Rumah, Tak Perlu Perangkap Lagi

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Sabtu, 21 Jan 2023 03:00 WIB
parsley, sage, thyme, mint and chives grow in a wooden self built raised bed on a terrace caption

Kehadiran tikus di taman tentu merupakan hama yang paling menyebalkan. Tikus pun tentunya merugikan manusia salah satunya membawa penyakit.

Biasanya tikus tinggal di tempat yang kotor. Jika Bunda menemukan tikus di rumah atau sekitar taman, Bunda baiknya segara bersihkan tempat tersebut, ya. Ini berguna untuk mencegah munculnya berbagai penyakit dan virus.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah tikus berkeliaran. Salah satunya memelihara kucing sebagai predator alami tikus. Kalau Bunda dan anggota keluarga ada yang alergi tikus, Bunda bisa menebar pasir kucing saja di tempat yang biasa didatangi tikus.


Banner Istri Aji Yusman Preeklamsia

Selain itu, Bunda juga bisa memasang perangkap tikus di berbagai sudut yang biasa didatangi tikus. Biasanya tikus keluar di malam hari untuk mencari makanan. Bunda bisa memancing tikus masuk dalam perangkap dengan menaruh makanan di dalam perangkap.

Cara lainnya adalah menggunakan racun tikus untuk membasmi hama ini. Namun, hati-hati saat menebar racun tikus, ya Bun. Jangan sampai ada dalam jangkauan Si Kecil.

Ada cara alami yang aman untuk mengusir tikus, Bun yaitu dengan menanam tanaman pengusir tikus di sekitar rumah atau pekarangan. Cara ini pun punya manfaat ganda selain untuk mengusir tikus.

11 Tanaman pengusir tikus

Merangkum dari berbagai sumber, berikut Bubun daftarkan 11 tanaman pengusir tikus yang bisa Bunda tanaman di rumah. Simak, yuk Bun.

1. Bawang putih

Bawang putih mengeluarkan bau yang cukup tajam dan menjadi salah satu tanaman pengusir tikus. Mengutip Express, hewan pengerat ini mengandalkan indera penciuman untuk mencari makan. Tentunya tikus akan menghindari bawang putih.

2. Daun mint

Tikus sangat membenci wangi dari daun mint. Jika Bunda menanam daun mint di dapur atau taman, tikus pun tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut.

3. Lavender

Bunga lavender yang bau kuat tentu akan membuat tikus menghindari area sekitar lavender. Selain mengusir tikus, lavender juga bisa mengusir nyamuk, lho Bun.

4. Marigold

Selain bunga lavender, bunga marigold juga memiliki bau yang tajam. Tikus pun akan ragu untuk mendekati tanaman ini. Bunga marigold yang berwarna kuning dan oranye ini juga dapat mempercantik sudut ruangan Bunda.

5. Catnip

Tanaman catnip merupakan tanaman yang menarik perhatian kucing. Tanaman ini merupakan salah satu keluarga mint, Bun. Catnip mengeluarkan bau yang mirip dengan mint sehingga tidak akan didekati tikus.

6. Basil

Basil yang kerap kali dijadikan bahan masakan ternyata merupakan salah satu tanaman pengusir tikus, Bun. Dengan menanam beberapa tanaman basil, Bunda juga bisa manfaatkan untuk memasak.

7. Sereh

Tanaman sereh juga mampu mengusir tikus, Bun. Bau yang dikeluarkan mungkin harum untuk manusia. Akan tetapi, bagi tikus tanaman sereh memiliki bau tajam yang dapat mengganggu penciumannya.

8. Cabai rawit

Kebanyakan binatang menghindari cabai rawit karena buah cabai yang memiliki rasa pedas. Bunda dapat menanam cabai sebagai tanaman pengusir tikus sekaligus buahnya bisa Bunda manfaatkan untuk membuat sambal.

9. Cengkeh

Aroma khas cengkeh ternyata tidak disukai tikus. Bunda bisa menanam cengkeh di depan rumah atau di taman agar sekitar rumah Bunda terhindar dari bau tak sedap dan tikus.

10. SageĀ 

Tanaman sage memiliki aroma yang tajam dan menyengat. Biasanya daun sage digunakan sebagai rempah-rempah untuk memasak, Bun. Tikus pun tidak akan berani untuk mendekati tanaman ini.

11. Bunga bakung

Selain bunga lavender dan marigold, bunga bakung yang memiliki wangi semerbak juga menjadi salah satu tanaman pengusir tikus, Bun. Jika ditanam di rumah, pekarangan Bunda akan semakin cantik, lho.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fia/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!