sign up SIGN UP search

moms-life

Putuskan Mundur Sebagai PM, Jacinda Ardern Banjir Pujian dari Para Bunda di Seluruh Dunia

Annisa A   |   Haibunda Sabtu, 21 Jan 2023 21:40 WIB
Jacinda Ardern caption
Jakarta -

Pengunduran diri Jacinda Ardern dari pemerintahan Selandia Baru tengah menjadi buah bibir. Namun keputusan itu justru menuai pujian dari para Bunda di seluruh dunia.

Setelah menjabat Perdana Menteri (PM) Selandia Baru sejak 2017, Jacinda Ardern mengumumkan akan mengundurkan diri menjelang pemilu yang akan datang.

Selama menjalani tugas sebagai PM, Jacinda Ardern sudah mendapatkan banyak pujian dari berbagai pihak. Ia tak hanya dipuji karena menjalankan kebijakan yang empatik dan cara mengesankan dalam mengatasi pandemi di negaranya, Bunda.


Jacinda Ardern juga dipuji karena menjadi ibu pekerja yang secara terbuka mencoba menemukan keseimbangan antara karier dan keluarganya. Keputusan Ardern untuk mengundurkan diri membuat para ibu di media sosial berbagi segala macam perasaan, mulai dari rasa bangga hingga bersyukur.

Ardern telah menggelar konferensi pers dan mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan yang ketiga. Ia juga menyebutkan bahwa hari terakhirnya sebagai PM Selandia Baru akan jatuh pada 7 Februari mendatang.

"Politisi itu manusia. Kami memberikan semua yang kami bisa selama kami bisa dan kemudian saatnya. Bagi saya, inilah saatnya (berhenti)," ungkap Ardern, dilansir Romper.

Ardern telah melihat negaranya melewati beberapa masa tersulit, termasuk pandemi COVID-19 dan penembakan massal di masjid Christchurch yang menewaskan 51 orang pada 2019 lalu.

Banyak pengguna Twitter yang mengungkapkan sudut pandang sebagai Bunda mengenai Jacinda Ardern. Mantan Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton turut memberikan penilaiannya terhadap Jacinda Ardern.

"Ia akan dikenang karena membimbing negaranya dengan kekuatan, kasih sayang, dan keanggunan melalui berbagai krisis bersejarah yang tidak diragukan lagi telah menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya," tulisnya di akun Twitter @HillaryClinton.

Seorang netizen juga menuturkan penilainnya mengenai keputusan Jacinda Ardern yang mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Ia tak memungkiri bahwa peran sebagai ibu yang bekerja sangatlah sulit dan Ardern telah melakukannya dengan baik.

"Bayinya berumur 4 tahun, saya mengerti. Masa-masa awal motherhood itu sulit dan menjadi wanita yang bekerja itu sulit. Menjadi Perdana Menteri perempuan (dan menavigasi pandemi) dan ibu baru pasti melelahkan secara fisik dan mental. Saya memuji dia," komentar akun netizen @Future4f****

Selama menjadi PM Selandia Baru, Jacinda Ardern dikenal sebagai sosok pemerintah yang inspiratif sehingga menjadi role model untuk banyak wanita di luar sana. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang hakim wanita pertama berdarah Indonesia di AS:

[Gambas:Video Haibunda]



JACINDA TUAI PUJIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!