sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Fientje Maritje Suebu, Wanita Papua Pertama yang Dilantik Sebagai Duta Besar

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 16:38 WIB
Fientje Maritje Suebu caption
Jakarta -

Pada 12 Januari 2022 kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga orang duta besar untuk negara-negara sahabat, Bunda. Negara-negara ini sendiri adalah Republik Sudan, Republik Filipina, dan Selandia Baru.

Pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Pelaksanaannya pun digelar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Adapun tiga orang duta besar yang dilantik tersebut adalah Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI Republik Sudan, Letnan Jenderal TNI Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI Republik Filipina, serta Fientje Maritje, sebagai Duta Besar LBBP RI Selandia Baru.


Fientje Maritje adalah seorang Duta Besar LBBP RI perempuan pertama asal Papua yang dilantik oleh Jokowi, Bunda. Nantinya, Fientje akan bertugas di Wellington.

Tak hanya bertugas sebagai duta besar Selandia Baru, Fientje juga merangkap dan bertugas untuk Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Sebelum mengucap dan membacakan sumpah, Presiden Jokowi terlebih dahulu bertanya kepada Fientje dan dua dubes lainnya, apakah mereka bersedia menjalankan tugas sebagai Duta Besar LBBP RI untuk negara-negara sahabat. Ketiganya dengan kompak menjawab bersedia.

"Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk negara-negara sahabat, terlebih dahulu saya akan bertanya dengan saudara-saudara. Bersediakah saudara-saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Presiden Joko Widodo dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

"Bersedia," tegas Fientje dan dua calon dubes lainnya.

Setelah menyatakan kebersediaannya, ketiga calon dubes termasuk Fientje pun diminta untuk mengikuti kata-kata yang akan diucapkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Presiden Jokowi yang diikuti oleh ketiga duta besar.

Lantas siapakah sebenarnya sosok Fientje Maritje ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya untuk melihat profil singkatnya, ya.

Bunda, simak juga video kisah kurir berhijab dari Indonesia yang bekerja di AS berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PROFIL SINGKAT FIENTJE MARITJE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!