moms-life

7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental, Bisa Mengurangi Depresi

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Rabu, 05 Apr 2023 18:54 WIB

Jakarta -

Selama bulan suci Ramadan, jutaan umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, ada juga manfaat puasa bagi kesehatan mental, lho, Bunda.

Puasa semakin populer untuk membantu mengobati kondisi kesehatan tertentu. Beberapa peneliti mengatakan puasa dapat membantu mengatasi depresi, sementara yang lain percaya puasa dapat memperburuk suasana hati seseorang.

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menjadi semakin tertarik pada bagaimana berbagai jenis puasa bisa mempengaruhi tubuh dan pikiran. Ini termasuk bagaimana puasa dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan gangguan mood lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Kebiasaan untuk Kecilkan Lingkar Perut

Puasa dikaitkan dengan beberapa efek negatif, seperti suasana hati yang negatif dan potensi kekurangan nutrisi, tetapi banyak yang berpuasa melaporkan peningkatan gejala psikologis.

7 Manfaat puasa bagi kesehatan mental

Selain memberikan kesehatan secara fisik, ternyata puasa juga bermanfaat untuk kesehatan mental Bunda yang lebih baik, lho. Berikut adalah beberapa daftar manfaat puasa bagi kesehatan mental yang perlu Bunda tahu.

1. Membantu mengurangi depresi

Beberapa penelitian percaya bahwa puasa dapat membantu mengurangi masalah kesehatan tertentu, termasuk depresi.

Sebuah studi pada 2021 menunjukkan bahwa orang yang berpuasa memiliki skor kecemasan dan depresi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak berpuasa. Data ini berasal dari lima uji coba terkontrol secara acak.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa puasa dapat menyebabkan emosi negatif seperti cepat marah, tetapi juga ada sisi positif, seperti rasa pencapaian dan kendali.

2. Dapat meningkatkanĀ fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif

Melansir dari laman Healthline, sebuah penelitian pada 2013 melaporkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Hal ini karena puasa juga dapat meredakan peradangan dan membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

3. Meningkatkan daya ingat

Membatasi jam makan telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat secara signifikan. Menurut sebuah studi dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, setelah 4 minggu puasa, kinerja pada tugas perencanaan tata ruang dan memori kerja, serta tesĀ kapasitas memori kerja meningkat secara signifikan.

4. Mencerahkan suasana hati

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa peserta penelitian melaporkan suasana hati membaik dan amarah berkurang. Studi lain pada 2018 menyelidiki strategi penurunan berat badan dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dengan kesejahteraan emosional dan depresi.

5. Melawan gula darah tinggi

Penelitian dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa puasa menghasilkan peningkatan sensitivitas insulin yang lebih besar, yang dapat membantu Bunda mencegah kadar gula darah tinggi dan diabetes tipe 2.

6. Mampu memperpanjang umur

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan pada potensi efek perpanjangan umur dari puasa.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa berpuasa bisa meningkatkan 28 persen hidup lebih lama dan terserang penyakit lebih lambat. Penelitian lain menemukan temuan serupa, melaporkan bahwa puasa bisa efektif dalam meningkatkan umur panjang dan menunda penyakit.

Akan tetapi, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memahami bagaimana puasa dapat berdampak pada umur panjang dan penuaan pada manusia.

7. Meningkatkan efektivitas kemoterapi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi perkembangan tumor dan meningkatkan efektivitas kemoterapi. Sayangnya, sebagian besar penelitian terbatas pada efek puasa terhadap pembentukan kanker pada hewan.

Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, studi tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana puasa dapat mempengaruhi perkembangan dan pengobatan kanker pada manusia, Bunda.

Nah, itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan mental yang perlu Bunda tahu. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara fisik, tetapi juga dapat membantu kesehatan mental setiap orang. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video dampak psikologis anak yang jauh dari orang tua yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT