moms-life

Cara Mengajarkan Investasi ke Anak Sejak Remaja, Modal Rp500 ribu Bisa Jadi Miliaran

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Selasa, 06 Jun 2023 20:20 WIB

Jakarta -

Modal Rp500 ribu bisa punya aset miliaran rupiah di masa depan? Bunda bisa mendapatkan keuntungan tersebut dengan cara investasi. Ini juga bisa diajarkan pada Si Kecil semenjak usia remajanya, lho.

Sebagai contoh, seorang anak bernama Messi sudah diajarkan investasi sejak dini oleh kedua orang tuanya, yakni sejak ia berusia 15 tahun. Maka, anak muda akan memiliki sekitar Rp4,9 miliar pada usia pensiun 55 tahun mendatang.

Melansir dari laman cnbc, asumsinya adalah modal awal investasi Rp100 ribu dan tiap bulan kedua orang tua Messi menyisihkan Rp500 ribu untuk modal investasi dan dilanjutkan Messi hingga pensiun.


Nah, Bunda penasaran bagaimana langkah yang tepat untuk mulai berinvestasi sejak dini? Yuk, simak beberapa caranya berikut ini.

5 Langkah mulai berinvestasi saat remaja untuk diajarkan ke anak

Bimbingan dan pendampingan orang tua sangat dibutuhkan untuk mengenalkan dunia investasi beserta risikonya kepada anak-anak. Termasuk psikologis sang anak dalam menghadapi gejolak pasar, Bunda.

Berikut ini adalah beberapa panduan langkah yang bisa Bunda ambil untuk membantu seseorang memulai perjalanan investasi:

1. Mendidik diri sendiri tentang investasi

Banyak platform yang bisa Bunda gunakan untuk membantu memahami dasar-dasar investasi, misalnya melalui materi online dan buku. Selain itu, juga dapat meminta orang tua atau orang lain yang memiliki pengalaman investasi untuk berbagi pengetahuan.

2. Pilih investasi

Dengan begitu banyak pilihan investasi yang tersedia, meneliti investasi potensial bisa dilakukan. Penting sekali untuk bertanya pada diri sendiri terkait jenis investasi apa yang memiliki peluang terbaik untuk membantu mencapai tujuan.

Bisa dimulai dengan menilai ukuran risiko diri sendiri untuk memantapkan pilihan investasi.

3. Tetapkan tujuan investasi

Penting juga untuk selalu terbuka tentang tujuan di masa depan. Apa yang ingin dilakukan dengan uang tersebut? Apakah tujuan masih jauh di masa depan? Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu Bunda dalam menentukan strategi investasi yang cocok.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video serba-serbi tips alokasi uang THR yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT