nutrisi

Bun, Jangan Biarkan Anak Nggak Makan karena Kenyang Minum Susu Ya

Asri Ediyati 07 Des 2017
Ilustrasi anak minum susu/ Foto: Thinkstock Ilustrasi anak minum susu/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Lepas dari ASI, anak diberi susu formula atau cair untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Lalu masalahnya, bagaimana jika anak doyan minum susu dan nggak mau makan karena kenyang? Apakah perlu kita biarkan saja?

Menurut ahli gizi, Dr Marudut BSc MPS, susu merupakan pelengkap kebutuhan nutrisi anak. Minum susu saja nggak membuat kebutuhan gizi anak tercukupi, meskipun susu mengandung gula, mineral, lemak, dan zat lainnya.

"Jangan biarkan anak kenyang karena susu. Anak perlu asupan makanan lainnya. Hal ini agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya bisa optimal," tutur Marudut saat ditemui usai acara Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia, di Restoran Ocha & Bella, Jakarta, beberapa waktu lalu.



Kata Marudut, minum susu juga ada takarannya setiap hari. Ia mengimbau agar orang tua memperhatikan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Susu memang mengandung nutrisi yang nggak bisa ditemukan di pangan lainnya, meskipun begitu konsumsi susu juga ada takarannya. Kan sudah tertera di kemasan susunya," ujar ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Kemenkes II ini.

Beberapa waktu lalu, dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus, pernah mengatakan salah satu penyebab anak nggak mau makan adalah karena kebanyakan minum susu. Jadi nih, kalau kita hendak memberi anak susu, sebaiknya nggak di dekat jam makannya ya, Bun.



Sebagai orang tua, tentunya kita ingin anak tumbuh kembang dengan sangat baik. Oleh karena itu perlu banget nih memperhatikan pola makannya. Sebab kalau cuma sekedar kenyang karena susu, nanti malah gizinya nggak tercukupi. Kalau anak nggak dapat nutrisi seimbang, bisa berdampak ke tumbuh kembang anak. Apalagi penelitian sudah menunjukkan anak yang nggak mendapat cukup asupan protein, akan memiliki nilai intelegensi yang lebih rendah dan tinggi badan yang lebih rendah. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi