nutrisi

Mengenal Nutritional Yeast yang Disebut Baik untuk Anak

Asri Ediyati Rabu, 17 Jan 2018 - 19.00 WIB
Mengenal Nutritional Yeast yang Disebut Baik untuk Anak/ Foto: Thinkstock Mengenal Nutritional Yeast yang Disebut Baik untuk Anak/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Pertama kali dengar nutritional yeast, saya ngerasa agak aneh nih, Bun. Apalagi kata orang-orang yang pernah mencobanya, rasanya sedap dan malah ada yang bilang nutritional yeast bisa jadi pengganti MSG yang aman dan baik dikonsumsi anak terutama yang intoleran terhadap laktosa.

Lalu, apa itu nutritional yeast? Jadi, Bun, nutritional yeast adalah ragi dan jamur yang dinonaktifkan. Nutritional yeast diproduksi dengan membudidayakan ragi dengan campuran tebu dan sedikit molase. Setelah 7 hari, dipanen, dilarutkan dengan pasteurisasi, dikeringkan dan dikemas. Ingat Bun, yeast atau ragi untuk kue dan ragi gizi itu nggak sama ya. Nutritional yeast kaya akan vitamin dan mineral, sedangkan ragi roti bisa menguras vitamin B dan nutrisi lainnya di dalam tubuh.

"Ada beberapa alasan kalau nutritional yeast sangat bermanfaat untuk keluarga dan anak-anak. Yang pertama, kaya akan folat (vitamin B). Satu setengah sendok teh nutritional yeast mengandung 530 mikrogram folat," tutur ahli gizi keluarga, Danielle Binns dikutip dari blog pribadinya.

Kita tahu ibu hamil dan menyusui rentan defisiensi folat dan harus berhati-hati memilih makanan. Soalnya kekurangan folat saat hamil bisa mengakibatkan masalah perkembangan janin, termasuk stunting. Kedua, nutritional yeast merupakan Sumber yang baik dari semua vitamin B, termasuk B12.

Menurut Danielle, studi di seluruh dunia menemukan masih banyak anak-anak kekurangan vitamin. Padahal, vitamin B sangat penting untuk melepaskan energi dari makanan yang kita makan, selain itu berfungsi untuk optimalisasi mental dan pembentukan sel darah merah sehat serta memelihara fungsi saraf.

Nutritional yeast adalah sumber protein non-hewan. Setiap 2 sendok makan mengandung 9 gram protein. Selain itu berisi semua 9 asam amino esensial yang diperlukan tubuh anak.

"Kita, apalagi anak-anak membutuhkan protein untuk banyak hal dari kesehatan hormon dan energi. Untuk itu, sesekali anak perlu mengonsumsi nutritional yeast karena sumber vitamin B yang sangat terkonsentrasi. Tentunya kita tidak ingin berlebihan. Sekitar satu sendok teh per hari untuk balita sudah cukup," tutur Danielle.

Ahli gizi dari New York, Kimberly Snyder menambahkan nutritional yeast tak hanya kaya akan vitamin B tapi juga mengandung kromium yang bisa membantu menurunkan berat badan dan mengandung lebih dari 14 mineral utama.

"Nutritional yeast kaya akan Thiamin, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Folat dan Vitamin B12. Ini semua adalah vitamin B yang bekerja sebagai kompleks, yang pada dasarnya memberi kita energi. Lalu banyak fungsi penting lainnya, yakni untuk rambut cantik dan sehat," ujar Kimberly dalam blog pribadinya.

Ada beberapa cara menggunakan nutritional yeast. Bisa kita taburkan pada pasta, salad, kentang panggang atau kentang tumbuk. Lalu bisa gunakan untuk sup. Bisa juga ditaburi di atas popcorn. Atau bisa juga isi ke dalam wadah shaker dan biarkan anak-anak mengocok dan menaburkannya ke makanan.
(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi