nutrisi

Jenis Ikan yang Baik untuk Anak

SIti Hafadzoh Minggu, 14 Okt 2018 - 08.00 WIB
Ilustrasi ikan/ Foto: iStock Ilustrasi ikan/ Foto: iStock
Jakarta - Protein jadi salah satu zat yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Nah. sumber protein nggak cuma dari daging merah, daging ayam, dan kacang-kacangan tapi juga ikan. Hmm, lalu jenis ikan yang baik untuk anak ya?

Dilansir Parents, ikan tinggi akan nutrisi seperti protein, zat besi, dan mineral. Beberapa jenis ikan seperti salmon, teri, dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berguna untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak anak lho, Bun. Nggak cuma itu, beberapa ikan, seperti salmon juga mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang.

Namun, harus diperhatikan nih. Ada jenis ikan tertentu yang tinggi kandungan merkuri. Tentu mengonsumsi makanan yang tinggi merkuri lama kelamaan akan berbahaya bagi otak anak. Ikan-ikan yang berukuran besar seperti hiu, ikan pedang, dan king mackarel sebaiknya Bunda hindarkan dari menu makan anak. Karena ikan jenis ini mungkin terkontaminasi merkuri dalam jumlah besar.

Nggak perlu khawatir, Bun. Masih ada kok jenis ikan yang baik untuk anak dan boleh banget dikonsumsi si kecil. Misalnya, ikan salmon, nila, lele, remis, tiram, udang, scallop, dan lain-lain. Ikan-ikan ini cenderung aman dikonsumsi anak-anak.



Mengenalkan ikan pada anak mungkin agak sulit bagi sebagian ibu. Beberapa anak tidak suka dengan rasa dan baunya yang amis. Untuk itu, Bunda perlu mengakalinya nih agar anak mau makan ikan yang kaya manfaat ini. Ahli diet, Sally Kuzemchak, MS, RD, punya tips supaya mau makan ikan nih.

Ilustrasi ikan yang baik untuk anakIlustrasi ikan yang baik untuk anak/ Foto: iStock
"Saran dari saya adalah coba menyajikannya dengan cara yang berbeda-beda dan mungkin nanti orang tua akan menemukan cara yang mereka suka. Saya sendiri menyajikannya dengan cara membungkus ikan dengan tepung tortilla dan membiarkan anak-anak membubuhkan topping yang mereka suka," jelas Sally.

Dikutip dari detikcom, ada baiknya anak mengonsumsi ikan, salah satunya ikan salmon 2-3 porsi seminggu. Ini akan membantu daya konsentrasi si kecil lho, Bun. Selain itu, kandungan nutrisi salmon juga dapat membantu menjaga kesehatan anak termasuk jantung dan mendukung kecerdasan anak.

"Ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung iodine, protein, selenium, omega 3, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12," jelas ahli gizi Rita Ramayulis.

Harga ikan salmon memang cukup tinggi ya, Bun. Jadi, kalau uang belanja nggak cukup untuk membeli ikan salmon setiap minggu, nggak apa-apa kok. Yang penting, anak tetap mengonsumsi ikan yang rendah kandungan merkuri tiap minggu. Masih banyak alternatif ikan lain yang juga kaya protein dan nutrisi dengan harga lebih miring. Contohnya tadi: ikan lele dan ikan nila.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi