nutrisi

Asupan Alternatif untuk Si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Nabila Nufianty Putri Senin, 15 Okt 2018 - 10.46 WIB
Ilustrasi anak alergi susu sapi/ Foto: shutterstock Ilustrasi anak alergi susu sapi/ Foto: shutterstock
Jakarta - Bunda perlu tahu, tidak semua anak bisa mengonsumsi susu sapi. Sebab, alergi protein susu sapi bisa dialami anak. Nah, jika anak alergi susu sapi, Bunda bisa jadi bingung untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Susu sapi memang menjadi asupan yang kaya kandungan kalsium dan protein untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena ada asupan nutrisi alternatif seperti susu soya atau susu kedelai.


"Jika anak sudah dinyatakan dokter alergi protein susu sapi maka anak itu harus menghindari protein susu sapi yaitu dengan pemberian nutrisi asam amino, dan susu yang extensive hydrolised protein," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, kepada HaiBunda.

Namun karena susu tersebut harganya sangat mahal untuk dikonsumsi dalam jangka panjang, dr Muliaman mengungkapkan ada alternatif lain yakni susu soya. Pastikan susu soya yang dipilih telah diperkaya asam amino essential dan nutrisi penting lain

dr Muliaman menjelaskan susu yang baik juga mengandung tambahan nutrisi lain seperti asam lemak AA DHA, omega 3 dan 6, serta fosfolipid. Teknologi terbaru dari susu juga menambahkan prebiotik fos gos dan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk si kecil.


Kandungan tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan kecerdasan otak. Sementara itu, prebiotik dan probiotik bifidobakterium ganda berperan mendukung kesehatan saluran cerna dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Susu formula soya memiliki kebaikan nutrisi protein yang setara dengan protein susu sapi. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir dalam memenuhi nutrisi harian anak. Bunda bisa memberi Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil yang alergi susu sapi. (ega/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi