parenting

Bayi 'Hobi' Masukkan Tangan ke Mulut Itu Nggak Perlu Dilarang

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 28 Jun 2017 10:52 WIB
Bayi 'Hobi' Masukkan Tangan ke Mulut Itu Nggak Perlu Dilarang
Jakarta - Bayi 'hobi' memasukkan tangannya ke mulut? Aktivitas ini kadang bikin Bunda senewen ya. Akhirnya, buru-buru deh Bunda berusaha mengeluarkan tangan si kecil dari mulutnya meski kadang, akhirnya si kecil nangis.

Ini juga yang dilakukan sepupu saya pada anaknya yang umur 5 bulan Bun. Jadi, si anak anteng banget kalau dipangku terus tanpa kita sadari, dua jarinya yaitu telunjuk sama jari tengah udah masuk ke mulut. Dengan asyiknya, keponakan saya ini mengenyot dua jarinya, persis kayak anak lagi ngemut permen. Kalau udah begitu, ibunya heboh dan langsung buru-buru mengeluarkan tangan si anak. Ya, meski akhirnya si anak nangis deh.

Soal bayi yang 'hobi' memasukkan tangan ke mulut, kalau kata dr Luh Karunia Wahyuni SpKFR(K) dari RS Bunda Jakarta, memasukkan tangan ke mulut itu memang sesuatu yang harus dilakukan bayi lho Bun. Kenapa?


dr Luh bilang, sejak lahir rongga mulut itu merupakan organ pengganti untuk bayi belajar dari lingkungan. Diibaratkan dr Luh, mulut itu jendela dunia buat bayi Bun, mengingat mata bayi di awal-awal kehidupannya kan belum bisa melihat dengan jelas ya.

Rongga mulut, kata dr Luh terdiri dari banyak sel saraf yang intens. Makanya, waktu bayi nyusu ke Bunda, di puting kan juga terdiri dari sel saraf yang intens. Jadilah proses menyusui itu menciptakan bonding yang luar biasa antara ibu sama anak.

"Saat tangan masuk ke mulut, tangan mendorong refleks muntah ke belakang. Kemudian, dia belajar benda padat, persepsi tubuh. Jadi kalau anak masukkan tangannya ke mulut, dia tahu tangannya mana," kata dr Luh waktu berbincang sama HaiBunda.

Tenang Bun, 'hobi' memasukkan tangan ke mulut bakal hilang kok waktu anak sudah mulai mengenal makanan padat atau sekitar umur 4 sampai 6 bulan. Waktu bayi udah mengenal makanan padat, dia nggak akan 'hobi' memasukkan tangannya ke mulut kok Bun karena buat bayi, makan makanan padat lebih menarik ketimbang 'makan' tangannya kan?

"Kalau tangan bayi dimasukkan semua gitu ke mulut, nggak apa-apa. Itu normal. Karena dia sedang mendorong refleks muntahnya ke belakang," ujar dr Luh.

Jadi Bun, nggak perlu khawatir lagi ya kalau bayi 'hobi' memasukkan tangannya ke mulut. Sebab aktivitas bayi yang kadang bikin Bunda deg-degan justru sejatinya punya manfaat lho untuk si kecil. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi