parenting

Hendak Menindik Telinga Anak, Baiknya di Usia Berapa?

Nurvita Indarini Sabtu, 22 Jul 2017 14:00 WIB
Hendak Menindik Telinga Anak, Baiknya di Usia Berapa?
Jakarta - Teman saya waktu itu melahirkan bayi perempuan nih, Bun. Maklum ya, karena anak pertama, teman saya ini jadi gampang banget khawatir. Termasuk waktu dia berniat menindik telinga anaknya untuk memasang anting.

Memangnya kapan sih saat paling tepat untuk menindik telinga anak? Kalau kata dr Liza Meilany, SpA yang berpraktik di RS Permata Depok, sebenarnya nggak ada patokan usia untuk menindik. Artinya bisa kapan saja.

"Tapi kalau bayi masih kecil lebih mudah, karena anak belum lasak. Intinya usia berapa saja bisa, yang penting dilakukan di tempat yang benar dan steril," pesan dr Liza beberapa waktu lalu nih Bun.


Nah, setelah penindikan dilakukan, jaga area sekitar tetap higienis untuk meminimalkan infesi ya, Bun.
Infeksi bisa terjadi jika alat tindik yang digunakan tidak bersih plus perawatan telinga yang kurang bersih.

Lalu apa tandanya infeksi? Telinga anak terasa nyeri, demam, mengalami perdarahan, atau bahkan bernanah.

Setelah ditindak, memang harus langsung dipasang antingnya. Soalnya kalau nggak, nanti bekas penindikannya jadi nutup lagi.

"Kalau nggak segera dipasang anting, nanti ada proses penyembuhan, sehingga menutup lagi. Nah, untuk menjaga higienitasnya, seperti menjaga kulit yang luka saja. Terus perhatikan juga apakah ada tanda-tanda infeksi, setelahnya. Kalau iya, segera dibawa ke dokter ya," sambung dr Liza. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi