sign up SIGN UP search


parenting

Ini Bun Sebabnya Ketika Sakit Anak Bisa Jadi Nggak Nafsu Makan

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 26 Jul 2017 18:06 WIB
Anak sakit bisa bikin kita 'patah hati' ya Bun. Apalagi kalau dia nggak nafsu makan. Duh, makin sedih deh Bunda, Nak. caption
Jakarta - Anak lagi sakit, situasi ini bisa bikin kita 'patah hati' ya, Bun. Terlebih kalau anak nggak mau makan karena nggak punya nafsu makan alias nggak punya selera makan. Duh, makin sedih kita dibuatnya ya, Bun.

Ketika anak sakit, memang lumrah kok Bun kalau kadang mereka kehilangan nafsu makannya. Seperti kata dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus, anak jadi nggak nafsu makan pas sakit bisa terjadi karena memang ada beberapa penyakit yang membuat saraf perasa di lidah nggak berfungsi dengan baik.

Makanya, Bun, kita sering dengar keluhan lidah terasa pahit pas lagi sakit kan ya? Atau, yang paling sering terjadi pada anak kalau dia sakit radang tenggorokan, si kecil mengeluh susah menelan atau sakit pas menelan deh, Bun. Alhasil, dia nggak nafsu makan .


Pastinya kondisi ini bikin selera makan si kecil berkurang ya Bun. Nah, supaya nutrisi anak tetap terpenuhi meski dia lagi sakit, apa sih Dok yang bisa kita lakukan?

"Untuk menyiasatinya, Bunda bisa kasih si kecil makanan yang segar seperti buah-buahan, makanan yang nggak terlalu panas atau keras (susah ditelan)," kata dr Sandra Live Chat 'Si Kecil Kok Susah Makan Ya?' yang digelar HaiBunda dan detikForum bekerja sama dengan Mayapada Health Care Group di kantor detikcom, Jl Kapt Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selain radang tenggorokan, sakit seperti typus, sariawan, hand foot and motuh disease kata dr Sandra juga bisa bikin anak nggak nafsu makan , Bun. Pada anak yang sakit hand foot and motuh disese misalnya, makanan yang panas bahkan hangat bisa terasa nggak nyaman untuk ditelan. Untuk itu, nggak apa-apa kalau kita kasih makanan yang dingin ke si kecil.

"Saya sering menyarankan ke pasien kalau kayak bgeitu kasih makanan yang dingin, kayak puding dingin atau es krim. Dengan begitu, anak bisa tetap dapat makan tanpa menyiksa dirinya. Misalkan harus dipaksa lebih dulu," kata dr Sandra. (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!