sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Yuk, Bun, Berbagai Sebab Anak Susah Makan

Nurvita Indarini Minggu, 10 Sep 2017 10:56 WIB
Sedih banget deh kalau si kecil mulai susah makan. caption
Jakarta - Bunda pernah mendapati si kecil susah makan? Sedih banget nggak sih, Bun. Selain karena makanan yang kita masak nggak dimakan, kita juga khawatir dengan tumbuh kembangnya.

"Kalau anak susah makan cari tahu dulu sebabnya, jangan langsung kasih suplemen," pesan Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), dalam Kampanye Milna First Bite di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (9/8/2017).

Menurut dr Conny, anak bisa saja jadi susah makan karena bosan. Misal nih, saat anak suka makan sup wortel, besok kita beri sup wortel lagi, demikian pula lusanya. Wajar banget dong ya kalau anak jadi malas makan.


Baca juga: Mau Kasih MPASI, Baiknya yang Homemade atau Pabrikan Ya?

Anak juga jadi susah makan kalau kebanyakan ngemil atau minum susu didekat waktu makan utamanya. Soalnya nih, anak sudah kenyang, jadinya dia nggak semangat lagi makan makanan utamanya.

Agar rasa makanan anak lebih sedap, kita juga boleh lho sedikit menambahkan garam. Menurut NHS, garam kurang dari 1 gram masih dibolehkan diberikan pada anak 6-12 bulan. Ini lebih ke menambahkan rasa ya, Bun, bukan memenuhi kebutuhan natriumnya. Kalau untuk natriumnya, bisa dipenuhi dari berbagai pangan lainnya.

"Bisa juga kita kasih kaldu di masakan buat anak untuk menambah rasa," saran dr Conny.

dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, beberapa waktu lalu juga menyebut perlu kombinasi rasa, tekstur serta cara agar anak mau bila menolak banyak makanan. "Seringkali orang tua merasa anak tidak suka makanan tertentu karena anak menolak makanan tersebut. Padahal makanan dapat ditawarkan sampai 15-20 kali," kata dr Meta.

Baca juga: Bayi Melepeh Menu Baru MPASI, Tanda Nggak Suka Makanannya?

Nah, kalau sudah ditawarkan 15-20 kali anak tetap menolak, berarti memang anak nggak suka. Jangan sedih Bun, masih ada banyak makanan lain yang bisa kita tawarkan lho buat si kecil. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi