parenting

Hati-hati, Pose yang Instagramable Ini Bisa Bahayakan Bayi

Amelia Sewaka Selasa, 19 Sep 2017 08:01 WIB
Hati-hati, Pose yang Instagramable Ini Bisa Bahayakan Bayi
Jakarta - Pernah lihat pose bayi yang tertidur lelap di dada ayahnya yang juga sedang tertidur lelap? Lucu dan instagramable banget, tapi bisa membahayakan bayi. Kok bisa?

Iya soalnya bayi tidur dengan posisi tengkurap, meski itu di atas dada ayahnya, tetap berisiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau kematian bayi mendadak. Selain itu, bayi bisa saja terjatuh dari tubuh sang ayah.

Seperti Francis dari Proud Daddy Moments, menyatakan bahwa ia pernah punya pengalaman buruk saat ia membiarkan putrinya, Miranda, tertidur lelap di atas dadanya. Jadi suatu kali, setelah memberi makan Miranda kecil yang berusia enam bulan, Francis menidurkan si kecil di dadanya.


Sepertinya keduanya kelelahan, sehingga nggak lama ayah dan anak itu langsung terlelap. Dalam posisi seperti itu, Francis hampir menjatuhkan putri kecilnya sebanyak dua kali. Menurutnya, hal itu merupakan sesuatu yang sangat memalukan baginya sebagai seorang ayah. Francis pun merasa beruntung banget karena bayinya masih selamat. Demikian dikutip dari essentialbaby.com.au.

Baca juga: Aneka Penyebab SIDS, Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi

Menurut bidan Amanda Bude dari Groovy Babies, tidak sengaja tertidur dengan bayi dikenal sebagai "kebetulan pra-tidur" atau "reaksi pra-tidur". Kurang waspadanya menjaga keamanan si bayi saat tidur bisa jadi karena ayah atau ibunya kelelahan.

Ini sering sekali terjadi, di mana 60 persen keluarga tidak sengaja melakukannya dalam berbagai cara dan biasanya terjadi pada 6 bulan pertama kehidupan bayi. "Biasanya ini terjadi ketika sang orang tua sudah sangat kelelahan, jika sudah seperti ini dan orang tua memaksakan untuk menimang bayinya ketika keadaan mereka sedang kehabisan tenaga, maka risikonya bayi terjatuh atau tercekik yang berakibat kematian pada bayi," ungkap Amanda.

Kalau cuma untuk keperluan foto, lantas kita meletakkan si bayi yang sedang tidur di atas tubuh kita sih nggak apa-apa ya, Bun. Tapi jangan sampai keterusan sampai kita atau suami juga terlelap. Untuk mengatasi risiko tertidur saat masih memegang si kecil, Amanda menyarankan untuk meminta bantuan orang dewasa lain untuk mengambil alih si kecil sementara waktu.

Alternatif lainnya, Amanda menyarankan untuk memasang kasur di lantai dan meletakkan bayi kita di samping kita jika ayah atau bunda sedang lelah, bukan diletakkan di dada ya. Tapi ingat kasurnya jangan terlalu empuk, sehingga membuat bayi 'tenggelam' atau melesak di kasur ya, Bun.

Baca juga: Hal Ini Bisa Bantu Cegah Kematian Mendadak pada Bayi

Atau nih ya, kalau sudah selesai bermain dengan si kecil, di mana bayi diletakkan di atas dada orang tuanya, jangan lupa segera mengembalikannya ke ranjang jika orang tuanya sudah lelah. Jika kita punya kebiasaan menidurkan si kecil di dada untuk menenangkannya, Amanda menyarankan untuk mengganti kebiasaan ini dengan berjalan-jalan sejenak di luar rumah. Jika lelah, kita bisa menggunakan kereta bayi.

Nicole Ovens, manajer operasi CPR pada anak dan memiliki pengalaman perawatan intensif anak-anak menegaskan sebenarnya nggak masalah ketika kita menimang atau menidurkan bayi dalam posisi tersebut, asal kita tetap awas dan nggak ikut ketiduran. (aml)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi