sign up SIGN UP search


parenting

Menjawab Pertanyaan Anak 'Pacaran dan Menikah Itu Apa Sih?'

Amelia Sewaka Kamis, 18 Jan 2018 08:08 WIB
Anak mulai gede nih. Pertanyaan-pertanyaan yang bikin orang tua bingung jawabnya pun mulai sering dilontarkan. caption
Jakarta - Namanya anak-anak ya, Bun, kelakuannya banyak rupa. Termasuk ketika mereka menyampaikan pertanyaan-pertanyaan absurd yang kadang bikin orang tua mikir keras buat kasih jawaban terbaik. He-he-he.

Misalnya, pas anak bertanya, 'Naksir itu apa sih, Bun?', atau 'Pacaran atau menikah itu apa, Bun?'. Nah, pasti Bunda juga bingung deh mau jawabnya ya. He-he-he.

"Jika orang tua bingung atau tidak siap menjawabnya, bisa tanya balik ke anak 'Menurut kamu itu apa, Nak?' atau 'Kenapa kamu tanya begitu?'. Dari jawaban anak, orang tua dapat memperkirakan sudah seberapa jauh pengetahuan anak," kata psikolog klinis anak, Vera Itabiliana.


Menurut Vera, ketika orang tua sudah dapat gambaran seberapa jauh pengetahuan anak, kita jadi bisa menggunakan istilah yang mudah dimengerti anak sekaligus mempermudah meluruskan atau menjawab.



"Jika anak bertanya, orang tua sebaiknya menjawab dengan jelas, jujur dan menggunakan bahasa yang dipahami anak," kata Vera saat ngobrol dengan HaiBunda.

Vera berpesan, tanggapi pertanyaan anak dengan santai sehingga anak tetap merasa nyaman dan tidak jera untuk bertanya kembali. Jangan lupa, orang tua juga perlu menempatkan diri sebagai sumber atau tempat bertanya bagi anak daripada anak mencari dari sumber lain yang belum tentu bisa dipertanggung jawabkan.

Vera pun memberi contoh cara menjawab ke anak, misalnya nih, Bun:

1. "Suka itu apa sih, Bun?"

"Suka itu perasaan kamu senang melihat atau bicara atau bermain dengan seseorang. Jika orang itu ada, kamu merasa senang. Suka bisa dengan siapa saja lho, Nak, seperti teman, saudara dan lainnya,"

2. "Pacaran itu apa, Bun?"

"Pacaran itu hubungan antara dua orang yang saling sayang tapi ada batasan-batasannya seperti tidak boleh mengganggu sekolah, tidak boleh terlalu sering memikirkan dia, dan lainnya," kata Vera.



Dia menambahkan, penjelasan orang tua bisa dibuat sesuai dengan nilai-nilai yang dianut di keluarga seperti apa sehingga tiap orang tua bisa punya penjelasan yang berbeda-beda tentang hal ini.

3. "Menikah itu apa sih, Bunda?"

"Menikah adalah hubungan seperti ayah dan ibu,". Kalimat itu bisa kita sampaikan sembari kita tunjukkan foto-foto pernikahan, Bun.

Nah, untuk usia tertentu anak bisa jadi sangat hobi untuk bertanya ini itu nih, Bun. Nah, kalau anak mulai 'hobi' bertanya-tanya, jangan lelah untuk menjawab dan mengarahkan ya, Bun.

Menurut psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi MPsi, yang harus dilakukan ketika anak banyak bertanya yaitu jangan judgemental, berikan info yang bermanfaat, ciptakan diskusi, dani jawab pertanyaan sesuai usia anak. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi