parenting

Ini Risiko Beri Air Putih pada Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 03 Jul 2018 07:02 WIB
Ini Risiko Beri Air Putih pada Bayi di Bawah Usia 6 Bulan
Jakarta - Kita semua tahu air putih baik banget bagi kesehatan. Tapi, ada pengecualian nih. Air putih baiknya nggak diberi ketika usia anak di bawah 6 bulan. Ya, walaupun kadang di cuaca panas kayaknya segar banget ya, Bun, air putih diminum si kecil untuk melepas dahaga karena selama ini dia minum ASI.

"Secara umum bayi seharunya nggak minum air sampai dia usia 6 bulan. Dari lahir sampai usia 6 bulan bayi mendapat kebutuhan cairan dari ASI atau susu bahkan dalam kondisi cuaca panas sekalipun," kata dokter spesialis anak Stephen R Daniels, MD kepada Baby Center.

Stephen bilang nggak menutup kemungkinan orang dewasa berpikir minum air putih bisa jadi pelepas dahaga terutama ketika musim panas. Tapi tetap ya, Bun, hindari memberi anak air putih saat usianya di bawah 6 bulan. Apalagi ketika Bunda menyusui, sampai usia 6 bulan kan anak masih dalam masa ASI eksklusif. Hmm, apa sih risikonya jika memberi anak di bawah umur 6 bulan air putih?


Dokter spesialis anak Dr Alan Green mengingatkan walaupun air putih baik untuk anak-anak dan orang dewasa, tapi buat bayi di bawah usia 6 bulan itu bisa berbahaya. Kata Alan, ASI sendiri cukup banyak mengandung air. Nah, ketika bayi usia 6 bulan ke bawah diberi air putih, bisa terjadi ketidakseimbangan kadar air dalam tubuhnya.

"Terlalu banyak mengasup air bisa menyebabkan intoksikasi air pada bayi dan ini berbahaya. Intoksikasi air adalah kondiri di mana kadar sodium dalam tubuh menurun drastis dan menyebabkan berbagai efek seperti lebih mudah marah, pembengkakan otak sampai kejang," kata Alan dikutip dari Romper.



Di usia 6 bulan ke atas, baiknya bayi dibiasakan minum air putih, Boleh aja memberinya jus tapi jangan sering-sering, Bun, karena ini akan memengaruhi preferensi baya mulut bayi. Ya, bayi nantinya jadi lebih suka minuman manis ketimbang air putih. Di usia 6 bulan ke atas, bayi juga sudah mulai makan makanan padat. Dr Jennifer Shu dari Children's Medical Group bilang awal bayi mendapat Makanan Pendamping ASI (MPASI) rekomendasi asupan air putih yang diberi yaitu 59-118 ml.

Dilansir Parent, di musim panas atau kemarau bayi butuh tambahan setidaknya 50 persen asupan cairan dari biasanya. Ingat, sumber cairan nggak cuma air putih ya, Bun, tapi juga sayur, buah, kuah sayur, juga minuman seperti jus.


(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi