sign up SIGN UP search


parenting

7 Kesalahan Orang Tua yang Bisa Berdampak Buruk pada Anak

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 23 Jul 2018 08:05 WIB
3. Tidak Memahami Anak
Kesalahan orang tua ini serius lho, Bun, bisa menyakiti anak. Simak yuk, agar kita nggak menyakiti perasaan anak. caption

Sekolah itu untuk mensosialisasikan dan mengajarkan informasi dengan cara yang homogen. Sedangkan rumah untuk membentuk dan mengaktualisasikan keunikan anak. Pekerjaan orang tua adalah membantu anaknya memahami dirinya sendiri.

Tapi, kesalahan orang tua terjadi ketika menekan seorang anak untuk tampil di sekolah agar dapat masuk ke perguruan tinggi yang baik. Padahal nggak setiap anak cocok untuk kuliah. Beberapa anak malah akan jauh lebih baik jika berbisnis.

Rabbi bercerita ada pria yang pernah bilang kepada dirinya bahwa ayahnya telah menyelamatkan hidupnya. Jadi semua saudaranya waktu itu memilih sekolah untuk menjadi seperti Rabbi, tapi dia tidak ingin mengikuti jejak saudaranya. Suatu hari, ayahnya berbicara kepadanya. Alih-alih mendorongnya sekolah, sang ayah malah menyarankan anaknya itu mengikuti kemauannya terjun ke dunia bisnis.


"Awalnya dia minder, merasa seperti gagal karena tidak mengikuti jalur ilmiah saudara-saudaranya. Tetapi ayahnya tulus, mencintai, dan membimbingnya untuk menjadi dirinya sendiri. Akhirnya dia menjadi orang kaya dan sangat terkenal karena kemurahan hatinya," papar Rabbi.

Karena itulah, Bun, Rabbi menyarankan agar orang tua mengenal anak-anaknya dan berkomunikasi agar membantu anak menemukan keunikannya.

4. Kasar Secara Verbal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!