sign up SIGN UP search


parenting

7 Kesalahan Orang Tua yang Bisa Berdampak Buruk pada Anak

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 23 Jul 2018 08:05 WIB
6. Menuruti Kemauan Anak
Kesalahan orang tua ini serius lho, Bun, bisa menyakiti anak. Simak yuk, agar kita nggak menyakiti perasaan anak. caption

Anak-anak membutuhkan disiplin, Bun. Penelitian juga menunjukkan anak-anak ingin disiplin. Mereka mendambakan batas-batas dan yang bisa menahan mereka. Batasan itu memberikan anak-anak rasa aman, kenyamanan, dan perlindungan.

Contoh klasik untuk membiarkan anak-anak memegang kendali itu sewaktu tidur. Anak-anak sangat membutuhkan tidur. Anak-anak tidak mau didikte ketika tidur. Dan orang tua sering menyerah karena lebih nyaman dengan tidak berargumen dengan anak.

"Orang tua sering merasa buruk ketika anak-anak mereka menangis dan memohon untuk bersama mereka sampai tertidur. Ini tidak bagus untuk semua orang. Selain itu, kita memiliki hal-hal yang lebih baik untuk dilakukan pada malam hari daripada mengikuti anak-anak," tuturnya.


Oh ya Bun, detikhealth pernah menuliskan saat mendisiplinkan anak, sering kali orang tua merasa kesal dan marah. Padahal, marah berbeda dengan tegas.

Orang tua bisa memberi anak pesan tegas sebagai bentuk disiplin. Namun jika dilakukan sembari marah, anak malah akan merasa takut kepada orang tua, bukan menyesali kesalahannya.

7. Ayah dan Bunda Tidak Sejalan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!