parenting

Tips Tingkatkan Imunitas Anak agar Tak Mudah Terinfeksi Virus

Melly Febrida Rabu, 15 Aug 2018 07:05 WIB
Tips Tingkatkan Imunitas Anak agar Tak Mudah Terinfeksi Virus
Jakarta - Penyakit akibat virus bisa dialami anak terlebih ketika teman atau orang di sekitarnya kena penyakit tersebut. Nah, supaya anak nggak mudah terinfeksi virus, salah satu upaya yang bisa dilakukan orang tua adalah meningkatkan kekebalan tubuh alias imunitas anak, Bun.

Untuk mencegah penyakit infeksi karena virus, Dr Meghan Holpuch, dokter Naturopati terdaftar di Colorado yang juga bekerja di Sumovia Naturopathic Healthcare mengatakan selain menutup mulut dan mencuci tangan, ada sejumlah cara alami menjaga kesehatan keluarga salah satunya agar si kecil tak tertular penyakit akibat infeksi virus dari temannya di sekolah:

1. Biasakan Ajak Anak Olahraga


Ketika metabolisme tubuh meningkat dan kita bersama anak-anak beraktivitas di luar ruangan, itu bisa mendorong tubuh meregenerasi dan memindahkan sel-sel darah putih, Bun, yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, anak-anak dan orang dewasa tidak mudah tertular penyakit.

Para ilmuwan di Jepang juga mulai meresepkan terapi hutan sebagai cara meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang sama, bukan berarti Bunda harus ke hutan. Cukup menikmati waktu di tempat terbuka yang alami, itu sudah bisa memberi efek yang sama seperti dikutip Prevention.

2. Ajak Anak Beraktivitas di Luar Ruangan

Bunda perlu ingat vitamin D bagus untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi pernapasan. Untuk itu, jangan segan mengajak anak beraktivitas di luar ruangan supaya terpapar sinar matahari yuk, Bun.

3. Hindari Beri Anak Asupan Tinggi Gula dan Susu

Makanan yang tinggi kandungan gula dan susu bisa mendorong produksi lendir. Padahal, bagian tubuh dengan produksi lendir yang cukup banyak bisa jadi tempat vakteri dan virus berkembang. Boleh-boleh saja anak mengasup makanan bergula dan mengandung susu, tapi jangan berlebihan ya.

4. Pastikan Anak Minum Cukup Air, Makan Buah dan Sayur

Bunda, agar tubuh sehat dan imunitas baik salah satu hal penting yang mesti dilakukan adalah menjaga tubuh terhidrasi. Air putih tentunya sederhana tapi ini merupakan satu-satunya cairan yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Nah, salah satu mencegah tertular penyakit bisa dengan banyak minum air putih.

Menurut Women's Weekly, jika kekurangan cairan tubuh akan mengalami dehidrasi sistem kerja metabolisme melambat. Selain itu, jangan lupa biasakan si kecil makan buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin mineral untuk bantu memperkuat sistem imun, Bun.

5. Pemberian Herba dan Multivitamin

Jika anak berumur di atas satu tahun, Bunda bisa memberinya madu. Madu dikemas penuh dengan enzim yang anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus serta sangat merangsang kekebalan tubuh. Selain madu, makanan lain yang bisa menjadi penunjang kekebalan sehingga mencegah tertular penyakit yaitu bawang putih, buah jeruk, jahe dan sayuran hijau gelap seperti kale dan bayam.

Beberapa herba yang umumnya dikemas dalam bentuk kemasan juga bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah tertular penyakit. Misalnya astragalus, echinacea, reishi mushroom, licorice dan goldenseal karena herba tersebut bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh alias imunitas dan anti-mikroba.

Jika dibutuhkan, Bunda bisa memberi multivitamin pada anak. Namun sebelumnya ada baiknya konsul lebih dulu dengan dokter si kecil, Bun. Seperti kita tahu multivitamin mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang menjaga sistem kekebalan tubuh. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi