parenting

8 Asupan Penambah Imunitas agar Anak Tak Gampang Sakit

Melly Febrida Jumat, 08 Nov 2019 11:23 WIB
8 Asupan Penambah Imunitas agar Anak Tak Gampang Sakit Ilustrasi asupan untuk tingkatkan imunitas anak agar tak gampang sakit/ Foto: Istock
Jakarta - Cuaca yang tidak menentu bisa bikin anak-anak gampang sakit. Apalagi kalau masih TK, penyakit seakan bergantian dari satu murid ke murid lainnya. Namun, orang tua bisa kok meningkatkan imunitas anak dengan memperhatikan asupannya.

"Kita tahu apa asupan yang dikonsumsi memiliki dampak terhadap kekebalan tubuh," kata pediatri Leo A. Heitlinger MD, mengutip Web MD.

Sementara itu, ahli diet Sarah Remmer mengatakan, ada makanan tertentu yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, bikin Bunda dan keluarga enggak gampang sakit.


"Sebagai bonus, semuanya kaya nutrisi, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak," kata Remmer dalam situsnya Sarahremmer.

Berikut delapan makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan anak, Bun.

1. Makanan mengandung probiotik

Remmer menjelaskan bakteri menguntungkan (probiotik) yang ditemukan dalam yoghurt bisa membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat. Sejumlah penelitian juga menunjukkan probiotik bisa membantu mencegah masuk angin dan flu.

"Beberapa jenis probiotik dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan untuk mengurangi kemungkinan anak pilek dan flu," kata Remmer.

Yoghurt juga tinggi protein dan kalsium. Bunda juga bisa menyajikan yoghurt setidaknya sekali sehari dan mencampurnya dengan buah atau sedikit sirup maple.

2. Bawang putih

Anak-anak mungkin enggak tertarik melihat bawang dalam masakan, tapi bawang putih bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang mengandung belerang dalam bawang putih, seperti Allicin, membantu anak-anak yang sehat melawan infeksi, sel-sel darah puth berkembang, dan meningkatkan efisiensi produksi antibodi.

Dengan begitu, anak-anak mampu virus dan bakteri berbahaya. Bunda disarankan menambahkan bawang putih ke masakan secara teratur. Bawang putih juga bisa bisa memperlezat masakan Bunda.

Ilustrasi asupan untuk tingkatkan imunitas anak agar tak gampang sakitIlustrasi asupan untuk tingkatkan imunitas anak agar tak gampang sakit/ Foto: iStock
3. Almond

Almond tidak hanya kaya protein, serat, kalium, lemak sehat, tapi juga mengandung nutrisi seperti Niacin dan Riboflavin, serta vitamin B yang dapat membantu menangkal efek negatif dari stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi seperempat cangkir kacang-kacangan yang lezat, menurut Remmer, bisa melindungi imunitas tubuh karena mengandung antioksidan.

4. Ikan

Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan berminyak seperti salmon, trout, halibut, dan tuna bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan anak-anak. Caranya, dengan meningkatkan aktivitas fagosit, sel darah putih yang memerangi bakteri berbahaya. Selain itu, omega 3 juga membantu melindungi paru-paru anak dari infeksi dan pilek.

5. Sup ayam

Sup ayam sudah terkenal bisa membantu meredakan pilek dan flu. Sup ayam emiliki sifat anti-inflamasi yang menghambat sirkulasi neutrofil atau sel yang berperan dalam respons inflamasi tubuh. Lalu, sup ayam bisa membantu mengeluarkan lendir, mengurangi mampet juga jumlah virus yang berhubungan dengan lapisan hidung.

6. Jamur

Jamur penuh dengan nutrisi yang baik untuk penambah kekebalan tubuh. Jamur mengandung mineral selenium, serta antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko sakit anak. Selain itu, jamur mengandung seng, yang melindungi sistem kekebalan tubuh.

7. Ubi

Ubi tidak hanya bergizi, tetapi juga bisa menambah kekebalan tubuh. Ubi mengandung beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A berperan penting untuk kesehatan kulit. Apalagi kulit menjadi garis pertahanan pertama dari bakteri, virus, dan kuman yang menyebabkan penyakit.

"Cobalah panggang dengan sedikit minyak zaitun dan garam dan merica , anak-anak mungkin menyukainya," kata Remmer.

8. Oat dan gandum

Oat dan gandum mengandung serat larut tinggi, khususnya yang disebut beta-glukan. Jenis serat ini memiliki kualitas anti-mikroba dan antioksidan, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anak terlalu higienis malah jadi gampang sakit? Simak penjelasannya di video berikut. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi