sign up SIGN UP search


parenting

Hal-hal Seputar Kekebalan Tubuh Anak yang Perlu Bunda Tahu

Nabilla Putri Senin, 10 Sep 2018 12:41 WIB
Sistem kekebalan tubuh penting untuk kesehatan si kecil. Berikut ini hal-hal seputar kekebalan tubuh anak yang perlu Bunda tahu. caption
Jakarta - Bunda tahu nggak kalau pertahanan tubuh si kecil terbentuk sejak si kecil di kandungan? Sehingga, sistem pertahanan tubuh si kecil harus diperhatikan dengan tepat karena berfungsi menjaganya dari berbagai gangguan.

Ada beberapa bentuk sistem kekebalan tubuh yang berperan penting. Misalnya sel darah putih, kulit, rambut, kuku, keringat, air mata, dan asam lambung. Sistem kekebalan tubuh ini dapat muncul secara alami dalam tubuh si kecil.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengungkapkan sistem pertahanan tubuh berupa sel darah putih biasanya akan muncul untuk melindungi si kecil dari berbagai benda asing seperti bakteri, virus, dan jamur yang mencoba menyerang dan memasuki tubuh.


"Sel darah putih ini berusaha untuk membentuk sel-sel kekebalan atau yang lebih dikenal sebagai antibodi," ujar dr Mansyur kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Setelah lahir, lanjut dr Mansyur, sistem kekebalan tubuh anak mulai menurun. Maka diperlukan dukungan dari luar melalui imunisasi atau vaksin dan nutrisi. Untuk pemberian nutrisi, Bunda bisa memberikan ASI eksklusif yang dilanjutkan sampai anak umur 2 tahun.

Bunda perlu tahu, ASI tidak hanya menjadi sumber nutrisi utama, tapi juga sel-sel kekebalan terbaik bagi si kecil. Selain memberikan ASI dan imunisasi, Bunda juga harus memperhatikan asupan nutrisi lainnya yang tak terkandung pada ASI. Misalnya probiotik-prebiotik dan laktoferin. Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan pada susu Morinaga.

Perlu diketahui laktoferin merupakan bagian protein yang mendukung si kecil agar tak mudah sakit dan terkena infeksi. Sementara probiotik-prebiotik berperan menghindari si kecil dari diare dan infeksi saluran cerna.

(idr/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi