parenting

Trik agar Anak Semangat Minum Susu

Tia Reisha Kamis, 21 Feb 2019 09:33 WIB
Trik agar Anak Semangat Minum Susu
Jakarta - Susu memiliki kandungan nutrisi mikro dan makro dengan berbagai manfaat untuk si kecil. Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur mengatakan, susu mempunyai nutrisi untuk otak, daya tahan tubuh optimal, tumbuh kembang, dan kesehatan saluran cerna.

"Susu adalah nutrisi lengkap karena mengandung nutrisi mikro-makro yang mempunyai kebaikan dan manfaat untuk tumbuh dan berkembang. Dengan beragam nutrisi yang dikandungnya, tidak mengherankan jika susu memiliki banyak manfaat untuk anak tumbuh dan berkembang optimal sehingga menjadi anak generasi platinum," ujar Muliaman kepada HaiBunda baru-baru ini.


Namun, Muliaman mengatakan ada beberapa kondisi yang mengharuskan Bunda memperhatikan pemberian susu untuk si kecil. Salah satunya jika si kecil alergi terhadap protein susu sapi. Kalau begitu, Baiknya ganti susu sapi dengan susu berbasis isolat protein kedelai.

"Saat ini susu dengan isolat protein kedelai telah dilengkapi dengan 4 nutrisi seperti nutrisi untuk otak, seperti AA, DHA dan fosfolipid, yang merupakan nutrisi untuk tumbuh kembang optimal. Karena sudah ditambahkan asam amino essensial, nutrisi untuk daya tahan tubuh seperti nukleotida dan untuk saluran cerna probiotik bifidobakterium ganda dan GOS," lanjutnya.


Kendati demikian, Muliaman menyebut rasa susu soya sering menjadi kendala buat si kecil untuk meminumnya. Makanya, Bunda juga perlu memilih susu yang tepat dan enak.

Dilansir b-inspiredmama, agar minum susu menjadi lebih menyenangkan, Bunda bisa membuat beberapa alternatif agar si kecil tidak bosan dan mau minum susu. Misalnya dengan memberinya sedotan BPA-Free berbentuk unik, mencampur susu dengan es batu warna-warni, membuat frozen milk, hingga memberi rasa lain pada susu, Bun.

Salah satu varian rasa yang bisa dipilih adalah rasa madu. Sebab, madu mempunyai rasa manis alami yang pasti disukai si kecil. Dengan begitu, si kecil enggak akan kekurangan nutrisi yang didapatkan dari susu.

"Rasa madu akan memberikan rasa yang paling gampang diterima si kecil. Jadi memberikan susu soya di samping akan memberi 4 manfaat nutrisi di atas juga tetap memberi rasa madu yang lezat dan tambah disukai oleh si kecil," pungkas Muliaman.

Salah satu susu soya yang bisa Bunda pilih adalah Morinaga Chil-Kid Soya dan Morinaga Chil-School rasa madu. Keduanya memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk si kecil dan aman bagi mereka yang punya alergi. Rasa madu yang manis pun enggak akan membuat anak bosan meminumnya. (mul/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi