parenting

Cara Atasi Alergi Susu Sapi pada Anak

Yuni Ayu Amida Minggu, 14 Oct 2018 10:01 WIB
Cara Atasi Alergi Susu Sapi pada Anak caption
Jakarta -

Bunda bingung bagaimana menyikapi anak yang alergi susu sapi? Alergi susu sapi pada anak sebenarnya bukan hal baru, banyak anak yang mengalami hal ini. Kita tanyakan ahli tentang cara menyikapinya yuk, Bun.

Menurut Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB, jika balita alergi susu sapi, ada baiknya dicek dulu sumber alerginya. Apakah itu karena laktosa atau protein susu sapi? Jika memang karena laktosa, maka bisa sikapi dengan memberi susu yang tidak mengandung laktosa.

Ilustrasi anak minum susuIlustrasi anak minum susu Foto: shutterstock


"Kalau kasus itu, sekarang sudah tersedia low lactose milk atau free lactose milk, susu formula yang dihilangkan atau dikurangi laktosanya. Atau bisa mengonsumsi yoghurt. Yoghurt itu laktosanya sudah difermentasi, jadi aman," kata Ahmad di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Ahmad menegaskan, jangan terburu-buru untuk langsung mengganti susu sapi dengan susu kedelai sebelum tahu apa sumber utama alerginya. Karena ada pula anak yang memang alergi terhadap jenis protein tertentu, seperti protein susu.

Ilustrasi anak minum susuIlustrasi anak minum susu Foto: shutterstock


Membenarkan ucapan tersebut, pakar nutrisi, Alvin Hartanto, mengatakan bahwa jika anak alergi susu sapi, sebaiknya dicek dulu sumbernya. Apakah alergi protein susu atau karena tidak bisa mencerna laktosa.


"Kita nggak bisa bilang harus dikasih solusi apa. Kita harus tahu sumbernya dulu. Ibarat dokter, harus didiagnosa dulu. Kalau emang nggak bisa minum susu sapi sama sekali, itu banyak banget pilihan penggantinya. Misal kalau udah dewasa, 5-6 tahun, proteinnya bisa diganti daging-dagingan. Bukan berarti harus bergantung sama susu," tutur Alvin.



Nah Bun, sesuai dengan saran dua pakar di atas, memang lebih baik memeriksa sumber alergi jika anak peka terhadap suatu zat di dalam susu. Atau coba berikan produk susu yang tidak mengandung laktosa ya. Tidak perlu terburu-buru menggantinya dengan susu kedelai.

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi