parenting

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Yuni Ayu Amida Senin, 22 Oct 2018 14:03 WIB
Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak
Jakarta - Jangan sepelekan anak yang tersedak, Bun. Solanya, tersedak bisa menyebabkan kematian. Saat anak tersedak jangan langsung panik dan coba lakukan pertolongan pertama ini.

"Tersedak bisa (menyebabkan kematian), sangat bisa, kalau dia tersedak benda yang menyumbat total saluran napas si anak, sampai enggak bisa masuk sama sekali oksigennya, dalam waktu menit bisa menjadi fatal. Karena tubuh kita enggak bisa tahan 3 menit tanpa oksigen, bisa rusak," kata dr Abdul Kadir, S.Ked tim bantuan medis Bem IKM FKUI kepada HaiBunda usai seminar dan workshop Basic Life Support di Kalcare Lotte Shopping Avenue, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, dr Abdul menjelaskan tanda umum orang tersedak yakni V sign. Tanda ini bisa membuat kita melihat bahwa orang tersebut tersedak.


"Maksudnya dia terlihat memegang lehernya seperti tercekik, tangannya membentuk huruf V," lanjut dr Abdul.

Biasanya penyebab tersedak umumnya berbicara saat makan atau tidak hati-hati. Pada anak-anak kebanyakanmereka tersedak karena menelan mainan, koin, atau tersedak makanan.
Pertolongan Pertama Saat Anak TersedakPertolongan Pertama Saat Anak Tersedak/ Foto: thinkstock




Pertolongan pertama untuk orang tersedak jika masih dalam keadaan sadar, suruhlah batuk sekuat tenaga. Karena tekanan dari batuk diharapkan bisa mendorong benda yang menyumbat saluran napas supaya keluar. Jika tidak bisa dengan batuk, maka Bunda bisa melakukan 2 pertolongan yaitu back blow maneuver atau tepuk-tepuk punggungnya dan heimlich maneuver atau tekan perutnya.

"Intinya kita beri penekanan pada benda yang menyumbat agar keluar. Kalau saking tersedaknya, dia bisa enggak sadar, dan kalau terjadi pingsan, bisa lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP). Kalau tetap sulit, segera bawa ke IGD agar ditolong dokter," ujar dr Abdul.

Untuk anak di bawah satu tahun, pertolongan pertama tersedak yang bisa diberi yaitu back blow atau posisi kepala anak menghadap ke bawah, lalu tepuk punggungnya. Atau bisa dengan posisi chest trust, yaitu kepala anak menghadap ke bawah, tapi dengan posisi badan seperti sedang terlentang,
lalu tekan dadanya seperti melakukan RJP, dengan 2 jari.

Bunda bisa menyangga tubuh anak dengan paha dan lutut. Kata dr Abdul heimlich maneuver enggak bisa diterapkan untuk bayi.

dr Abdul menegaskan bahwa ini adalah pertolongan pertama, bukan pertolongan utama. Jadi jika mendapati hal yang tidak diinginkan, lebih baik segera bawa orang yang tersedak ke rumah sakit agar ditangani oleh tenaga medis.

Sementara itu, dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta mengatakan pemberian air minum bukan cara tepat untuk mengatasi tersedak. Air minum hanya bisa dipakai untuk melancarkan makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Tersedak harus diberikan pertolongan pertama yaitu heimlich maneuver.

"Si penolong berdiri di belakang korban. Kedua tangan dilingkarkan di atas perut korban, dengan tangan kanan mengepal dan tangan kiri menggenggam tangan kanan. Lalu hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar," urai dr Agus seperti dikutip dari detikcom.


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi