parenting

Pertolongan Pertama Saat Bayi dan Anak Tersedak

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 30 Aug 2019 14:13 WIB
Pertolongan Pertama Saat Bayi dan Anak Tersedak
Jakarta - Tersedak bisa dialami bayi atau anak. Saat si kecil mengalami ini, segera beri pertolongan pertama ya.

"Itu yang paling seram ketika bayi atau anak tersedak atau kita sebut juga aspirasi," ujar dr.Gita Saraswati dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan saat ngobrol dengan HaiBunda.

Banyak penyebab tersedak, Bun. Menurut pengalaman Gita, paling sering pada bayi sebabnya tersedak susu atau makanan. Nah, yang paling dikhawatirkan ketika bayi tersedak lantas menyumbat saluran napas. Dijelaskan Gita, makanan harusnya masuk ke kerongkongan yang terhubung dengan lambung.


Justru saat tersedak makanan atau susu masuk ke tenggorokan yang tersambung ke atan pernapasan yakni paru-paru. Jika itu terjadi, sudah pasti saluran napas si kecil tersumbat dan sistem pernapasan pun terganggu.

"Penyebab anak atau bayi tersedak lainnya yang umum adalah posisi saat menyusu atau makanan yang masuk ke mulutnya terlalu banyak. Di rumah, Bunda bisa menerapkan hemlich procedure yakni memberi tepukan di bagian punggung atas.

"Kalau pada anak, kita tepuk aja supaya dia muntahin makanan atau sesuatu yang bikin dia tersedak jadi enggak sampai masuk ke tenggorokan. Atau supaya anak mengeluarkan makanan itu dikit, pas di ujung minta dia menelan dengan benar," kata Gita.

Sementara itu, pada bayi coba tengkurapkan dia sehingga anak menghadap ke arah bawah. Sehingga, ibaratnya kita memberi dorongan di daerah tenggorokan supaya makanan yang menyumbat bisa terdorong. Biasanya, saat sesuatu yang menyumbat keluar anak akan gumoh atau muntah dan itu tak masalah, Bun.

pertolongan pertama anak tersedakpertolongan pertama anak tersedak/ Foto: iStock
"Maka dari itu, penting banget untuk orang tua memberi makan anak sesuai umurnya, sesuai tahapan. Jangan gede-gede juga potongan makanannya. Bayi udah dikasih makanan agak padat, ya jangan dulu lah. Itu risikonya paling jelek aspirasi," pungkas Gita.

Bunda, begini cara melakukan pertolongan pertama saat anak tersedak. Simak di video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi