parenting

4 Langkah Mengatasi Bayi Tersedak Tanpa Panik

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 14 Jun 2019 12:30 WIB
4 Langkah Mengatasi Bayi Tersedak Tanpa Panik Mengatasi bayi tersedak/ Foto: iStock
Jakarta - Anak yang masih belajar makan rentan mengalami tersedak. Lagi asyik makan, eh tiba-tiba dia menangis kencang karena merasa sakit di tenggorokanya. Mukanya pun jadi merah, bahkan sampai susah untuk ditenangkan.

Menghadapi kejadian seperti ini pasti banyak orang tua yang merasa panik luar biasa. Kalau Bunda mengalaminya lagi, tetap tenang ya karena kejadian seperti tersedak merupakan bagian dari pembelajaran mereka dalam mengunyah dan menelan makanan.

Jadi, Bunda hanya perlu lebih waspada pada benda-benda yang berada di sekitarnya, terutama yang dipegang dan dimasukkan ke mulut si kecil. Seringkali, benda yang dimasukkan ke mulut itulah yang menyebabkan mereka jadi tersedak. Sehingga, berhati-hatilah mengawasinya dan jangan langsung panik ketika mendapati mereka tersedak.


"Jika Bunda menemukan anak memiliki sesuatu di mulutnya, hal terbaik untuk dilakukan yakni jangan mencoba memasukkan jari Bunda untuk mengeluarkan benda tersebut. Karena kemungkinan secara tak sengaja benda tersebut akan masuk ke mulut lebih jauh. Jadi, cukup angkat anak Bunda dan pukul bagian punggungnya,"kata Katherine O'Connor, MD, dokter anak di The New York, dikutip dari The Bump.

Melarang mereka bermain dengan benda di sekelilingnya, atau makan berbagai makanan bukan cara efektif untuk menghindarkan si kecil dari bahaya tersedak ya, Bun. Sebab, anak-anak butuh berkreasi dengan lingkungan sekitarnya termasuk dengan benda-benda serta makanan yang ada di sekelilingnya.

"Anak-anak di bawah usia 3 tahun sebaiknya tidak bermain dengan benda apa pun yang lebih kecil dari ukuran bagian dalam gulungan tisu toilet,"saran O'Connor.

Selain itu, dalam memberikan makanan sebaiknya dibuat jadi potongan kecil untuk menghindari bahaya tersedak yang mungkin muncul. Hindari juga makanan yang mudah membuat mereka tersedak seperti kacang-kacangan, popcorn, dan anggur.

4 Langkah Mengatasi Bayi Tersedak Tanpa PanikMengatasi bayi tersedak/ Foto: iStock

Melansir Baby Centre, ketika bayi tersedak sebaiknya segera baringkan dengan posisi telungkup di sepanjang lengan Bunda dan ditopang dengan paha Bunda, pastikan posisi kepala lebih rendah dengan dukungan punggung dan kepala.

Lalu, gunakan tumit tangan Bunda untuk memberikan sekitar lima pukulan di tengah punggung, di antara tulang belikat bayi. Pukulan pada bagian ini sangat efektif mengatasi sebagian besar insiden bayi tersedak.

Jika kondisi tersedak belum hilang dan bayi sulit bernafas, cobalah ikuti langkah berikut:

1.Baringkan bayi yang tersedak menghadap ke atas sepanjang paha Bunda.

2.Temukan tulang bayi Bunda tepatnya di bawah puting dan tempatkan dua ujung jari di atasnya.

3.Dorong ke bawah dengan tajam sampai lima kali dan berikan tekanan di sekitar sepertiga bagian dadanya. Cobalah untuk mendorong benda keluar dengan setiap dorongan yang diberikan.

4. Segera hubungi dokter atau panggil ambulans agar anak yang tersedak segera mendapatkan penanganan medis.

Tetap selalu waspada mengawasi si kecil dan selalu berhati-hati ya, Bun. Semoga bermanfaat!

Kalau Bunda ingin lebih jelas, lihat cara penanganannya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi