parenting

5 Asupan yang Bisa Bantu Tingkatkan Konsentrasi Anak

Safira Raudhatul Kamis, 01 Nov 2018 08:08 WIB
5 Asupan yang Bisa Bantu Tingkatkan Konsentrasi Anak
Jakarta - Saat anak berangkat sekolah, Bunda pasti menyiapkan makanan untuk dibawanya ke sekolah. Nah, pastikan makanan yang dibawa anak bergizi supaya dia bisa berkonsentrasi saat mendapat pelajaran di sekolah ya, Bun.

"Ikan atau seafood bisa diberikan 2-3 kali per minggu untuk asupan omega 3 yodium yang penting untuk perkembangan otak anak. Sayur juga sebaiknya disisipkan tiap hari untuk supply zat besi, asam folat dan beberapa vitamin lainnya yang juga membantu daya tangkap," kata ahli gizi Leona Victoria Djajadi, dilansir detikcom.

Nah, untuk meningkatkan konsentrasi anak, ada 5 asupan yang perlu Bunda berikan ke si kecil, yaitu:


1. Almond

Almond kaya akan protein yang membantu memperbaiki sel-sel otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Almond juga mengandung zinc yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa mengganggu fungsi otak.



"Vitamin B6 dan E dalam kacang almond meningkatkan kesehatan otak dan memperlambat penuaan sel-sel otak. Omega-3 dan Omega-6 asam lemak yang terkandung dalam almond meningkatkan tingkat intelektual. Magnesium pada almond meningkatkan kekuatan saraf otak," kata Hetal Chheda, Consulting Nutrition Expert and Lifestyle Coach di Mumbai, dilansir My Little Moppet.

Ilustrasi konsentrasi anakIlustrasi konsentrasi anak/ Foto: Instagram
2. Bawang Merah

Bawang Merah mengandung flavonoid seperti anthocyanin dan quercetin, yang telah terbukti mencegah kerusakan otak terkait usia. Selain itu, dua flavanoid ini membantu meningkatkan memori, Bun. Nggak cuma itu, anthocyanin menghambat peradangan saraf, mengaktifkan pensinyalan sinaptik dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Sebuah studi tahun 2005 oleh para ilmuwan Tokai University Hokkaido menyimpulkan bahwa di-n-propil trisulphide, senyawa sulfur yang ditemukan dalam bawang merah bisa mencegah gangguan memori. Jadi, bawang merah bisa disebut sebagai salah satu makanan yang baik untuk memori.

3. Buah berry

Buah berry jadi salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan daya ingat. Buah berry mengandung antioksidan yang berguna melawan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin C buah berry membantu tubuh memproduksi norepinefrin, sejenis neurotransmitter yang meningkatkan aktivitas otak. Kandungan zat besi di berry juga memfasilitasi transportasi oksigen dan mencegah degenerasi otak.

4. Air

"Otak juga butuh asupan air yang bisa jadi sumber energ. Sehingga fungsinya termasuk yang terkait proses berpikir dan memori makin kuat. Air juga dibutuhkan untuk produksi hormon dan neurotransmiter di otak," tutut Hetal.

5. Ikan

Otak membutuhkan asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 asam lemak. Lemak ikan mengandung lemak baik omega 3 dan omega 6. Memasukkan ikan dalam menu makan anak bisa membantu meningkatkan fungsi memori sebesar 15 persen. Ikan yang mengandung asam lemak yang tinggi misalnya salmon, mackerel, sarden, trout, dan tuna albacore.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi