parenting

Quality Time Seru ala Zaskia Adya Mecca dan Keempat Anaknya

Amelia Sewaka Jumat, 23 Nov 2018 10:08 WIB
Quality Time Seru ala Zaskia Adya Mecca dan Keempat Anaknya
Jakarta - Ketika sudah berkeluarga, Ayah dan Bunda pasti cari banyak cara agar quality time bareng anak-anak makin seru. Ini pula yang dilakukan aktris Zaskia Adya Mecca bersama suaminya, Hanung Bramantyo, saat habiskan waktu bareng anak-anaknya.

"Aku sama Mas Hanung akhir-akhir ini lagi senang ajak anak-anak main ke tempat Mas Hanung syuting, soalnya dia kalau syuting kan tempatnya kayak di pegunungan, danau, mata air. Belajar bikin anak-anak nggak jijik juga," kata Zaskia Adya Mecca di tengah acara peluncuran buku 'Main Bareng Bikin Seneng Melalui #BukuMamaBisa' di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Momen saat kerja atau syuting tersebut, Zaskia manfaatkan untuk bawa semua anaknya berwisata menikmati alam. Seperti saat mereka ke Waduk Sermo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


"Kalau nggak ada syuting atau kerjaan kan ngapain ke waduk? Nah, berhubung Mas Hanung ada kerja di situ kan bisa jadi sekalian, bapaknya kerja kita main di sana. Apalagi kalau ada properti, suka kita pakai tuh kayak buat piknik. Kita juga suka main ke kali, mata air," tutur wanita kelahiran 31 tahun silam.




Diakui Zaskia Adya Mecca, dia dan sang suami memang sengaja sering bawa anak-anaknya main di alam. Karena kalau di rumah atau mal, itu sudah ruangan yang di mana ketemunya AC (air conditioner), di sekolah juga setiap hari dalam ruang kelas ber-AC yang dirasa Zaskia, itu kurang sehat.

"Bawa anak ke mal, sekali ke mal bawa empat anak. Kita misalkan untuk satu anak makan di mal Rp 80 ribu di resto, belum sama suster. Bisa sekali ke mal habis jutaan, kalau tiap minggu begitu kan boros banget. Uang segitu, aku bisa spent ke yang lebih bermanfaat," papar ibu dari Bhumi, Sybil, Kala dan Kaba ini.
Quality Time Seru ala Zaskia Adya Mecca dan Keempat AnaknyaFoto: Instagram
Zaskia bercerita, mereka selalu quality time berempat. Jarang menghabiskan waktu secara one on one ke anak-anaknya. Karena keempat anaknya selalu 'nempel', dia pun harus mencari mainan yang aman dimainkan oleh keempat buah hatinya.

"Mereka berempat selalu ngerubungin aku, jadi aku harus cari mainan yang aman untuk dimainin semuanya. Misal, main sama yang usia 8 tahun harus aman juga buat si Kaba yang baru 2,5 tahun. Mainannya juga harus menarik seperti bikin ice cube yang dikasih bermacam warna, kalau kayak gitu kan bayi bisa ikut pegang dan kakak-kakaknya yang besar bisa ikut nimbrung jadi seru," imbuh Zaskia Adya Mecca.

Bicara anak main di luar, anak-anak memang secara alami tertarik untuk bermain di luar dan ada banyak manfaat bermain di luar ruangan. Menurut Kathleen Alfano PhD, mantan Direktur Penelitian Anak di Fisher-Price, main di luar ruangan memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi lingkungan, mengembangkan kekuatan dan koordinasi otot, serta mendapat kepercayaan diri.

"Bermain aktif di luar ruangan meningkatkan fleksibilitas, keterampilan motorik halus dan kasar, dan terkait dengan pengembangan berbagai keterampilan fisik, termasuk mereka yang terlibat dalam olahraga," kata Kathleen dilansir Fisher Price.

(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi