parenting

Kata Zaskia Mecca soal Pentingnya Mengawasi Anak Main Gadget

Annisa Karnesyia Senin, 02 Sep 2019 06:56 WIB
Kata Zaskia Mecca soal Pentingnya Mengawasi Anak Main Gadget
Jakarta - Bicara soal mainan anak, gadget menjadi mainan ampuh di era serba teknologi ini, Bun. Hal ini juga diakui Zaskia Adya Mecca.

Meski anak-anaknya masih kecil, Zaskia tidak begitu saja melarang mereka menggunakan gadget. Tujuannya agar sang buah hati tidak tertinggal kemajuan zaman.

"Enggak mungkin anak sekarang enggak dikasih gadget. Kalau enggak dikasih, kasihan mereka, ini memang lagi zamannya mereka. Kalau enggak kenal, mereka kesulitan mengimbangi teman-temannya," kata Zaskia dalam Vlog Raditya Dika.


Meski membebaskan, Zaskia dan suaminya, Hanung Bramantyo tetap mengawasi dan mengarahkan, Bun. Misalnya soal waktu dan tempat anak-anaknya menggunakan gadget.

"Kalau gadget, kita lebih prefer laptop atau komputer yang orang gede juga bisa lihat. Kalau mau lihat Youtube, kita bilang harus di TV, jadi orang dewasa bisa tetap perhatiin lagi nonton apa," ujar Zaskia.

"Kalau handphone, cuma lagi traveling, di pesawat, di jalan, jadi mereka bisa agak anteng," sambungnya.

Zaskia punya aturan yang jelas soal penggunaan gadget pada anak-anaknya. Wanita 31 tahun ini juga melarang komputer dan TV untuk ditempatkan di kamar.

"Komputer dan TV enggak boleh ditaruh dalam kamar, karena kita enggak bisa kontrol mereka lihat apa saja," tutur Zaskia.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia MeccaKeluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca/ Foto: Instagram

Berbeda dengan sang istri, Hanung lebih memperhatikan konten yang ditonton anak-anaknya. Dia tidak mau memaksa mereka menyukai konten-konten tertentu, Bun.

"Gadget dikasih tapi diarahkan. Boleh lihat K-Pop dan lain, tapi kita juga harus punya visi, ini ada ondel-ondel dan wayang, kalau suka dilanjut, tapi jangan dipaksa," kata Hanung.

Penggunaan gadget pada anak memang baiknya diawasi, Bun. Menurut pendidik, psikolog, dan inisiator Kampus Guru Cikal, Najelaa Shihab, ketika kita membolehkan anak mengakses gadget, jangan pernah dibiarkan sendirian.

"Internet itu kayak padar, yang jualan dan beli di pasar itu banyak. Nah, kita perlu temani anak agar mereka tahu mana yang baik dan tidak," ujar Najeela.

Melansir dari We Have Kids, bila gadget digunakan dengan benar, sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat, Bun. Salah satunya untuk pembelajaran kognitif dan analitik.

Untuk anak usia prasekolah, gadget bisa digunakan untuk menstimulasi rasa dan imajinasi. Bebarapa orang tua bahkan menggunakannya untuk mengajarkan anak bicara, mendengar, dan belajar mengenali suara.

Bicara soal gadget, simak cara mengatasi anak ketagihan gadget di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi