parenting

Kocaknya Komentar Kaesang Saat Jokowi Quality Time Bareng Cucu

Amelia Sewaka Senin, 10 Dec 2018 16:01 WIB
Kocaknya Komentar Kaesang Saat Jokowi Quality Time Bareng Cucu
Jakarta - Sebagai orang nomor satu di Indonesia dengan segala aktivitasnya, pasti bukanlah hal mudah untuk membagi waktu dengan keluarga. Namun, tanpa keluarga kita juga bukan apa-apa. Inilah yang memotiviasi Presiden Indonesia Joko Widodo untuk tetap semangat dalam melakukan pekerjaannya.

Seperti baru-baru ini, presiden yang akrab disapa Jokowi mengatakan makna keluarga baginya di akun Instagram. Jokowi, yang tak luput perannya sebagai orang tua dan seorang kakek, merasa bersyukur karena telah diberi anak-anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Sehingga, dia tak perlu lagi memikirkan pekerjaan mereka.

"Dengan kehadiran sepasang cucu, saya begitu menikmati kehadiran mereka. Keluarga bagi saya selalu ada untuk memberi motivasi, mendorong dan menambah semangat," tulis Jokowi.





[Gambas:Instagram]



Meski sibuk dengan berbagai tugas kenegaraan, Jokowi selalu menyempatkan diri menghubungi anak dan cucu. Di sela pekerjaan, dia berkomunikasi dengan cucunya dan biasa dilakukan lewat video call.

Foto tersebut diunggah dengan keterangan yang sama di Twitter, juga direspons lucu oleh Kaesang Pangarep. Ya, anak bungsu Jokowi selalu berhasil bikin kita tertawa lantaran sindiran-sindiran halusnya, sementara sang bapak sedang asyik bersama kedua cucunya. Hi-hi, ada-ada saja Kaesang.

"Pisang naget pak, bukan pisang goreng," canda Kaesang.



Kaesang kocak banget ya, Bun. Ayah anak ini juga sering terlihat bercanda dalam vlog pribadi Kaesang. Wah, bahagia selalu ya, Jokowi dan keluarga.

Luangkan waktu bersama keluarga besar seperti yang Jokowi lakukan itu penting lho, Bunda. Saat quality time, durasi sebenarnya nggak terlalu penting. Ada komponen lain yang bisa bikin quality time benar-benar berkualitas yakni bagaimana parenting behavior-nya. Demikian disampaikan psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli, yang akrab disapa Vera.

"Parenting behavior adalah perilaku kita saat melakukan pengasuhan pada anak. Nah parenting behavior-nya mesti di level playing field yaitu ciptakan suasana yang akrab, hangat, dan komunikasi dua arah," kata Vera, dikutip dari detikcom.

Berkaca dari kondisi saat ini, nggak sedikit kedua orang tua bekerja dan tidak punya banyak waktu luang. Yang terpenting, Bunda dan Ayah bisa memanfaatkan momen kebersamaan dengan anak. Seperti dikatakan Vera, suasana akrab dan hangat bisa tercipta ketika orang tua memposisikan diri sejajar dengan anak.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi