parenting

Coba Bun, 3 Makanan yang Bisa Mencegah Migrain Saat Menstruasi

Muhayati Faridatun Selasa, 01 Jan 2019 15:58 WIB
Coba Bun, 3 Makanan yang Bisa Mencegah Migrain Saat Menstruasi
Jakarta - Kalau sedang datang bulan atau menstruasi, berbagai keluhan sering dirasakan ya, Bunda. Salah satunya migrain atau sakit kepala sebelah. Pastinya sangat mengganggu aktivitas Bunda, baik di rumah maupun di kantor.

Sekarang, Bunda nggak perlu khawatir lagi nih. Migrain saat menstruasi bisa dicegah lho, dengan mengonsumsi tiga jenis makanan berikut. Seperti yang diuraikan dr Reisa Brotoasmoro dan dr Boy Abidin, SpOG(K), dalam tayangan dr Oz Indonesia Trans TV.

"Ini bisa jadi salah satu solusi, memang bukan satu-satunya pilihan kalau migrain muncul saat menstruasi," kata Reisa.



Berikut tiga jenis makanan yang membantu mencegah migrain:

1. Udang
Dr Reisa menjelaskan, udang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh kita. Kalau kadar estrogen Bunda turun saat haid, menurut dia, bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi udang. Sehingga diharapkan, nyeri di kepala bisa berkurang.

"Dalam 100 gram udang mengandung 12,7 gram protein dan 0,7 gram lemak, sehingga aman untuk dikonsumsi," jelas dokter kelahiran Malang, 33 tahun silam.

2. Jamur
Dipaparkan dr Boy, jamur mengandung kadar estrogen yang tinggi, yang dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. "Jamur juga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan kita," tuturnya.


3. Kentang
Makanan yang ketiga ini, menurut dr Reisa, lebih cepat dan mudah untuk dikonsumsi. Ia menambahkan, Bunda bisa memanfaatkan kentang karena kaya akan kalium dan berbagai mineral, seperti magnesium dan potasium.

"Jika mengonsumsi kentang dalam jumlah cukup atau tidak berlebihan, bisa membantu mengatasi sakit kepala, juga bagus banget untuk meningkatkan mood," tegas ibu dua anak ini.

Nah, tunggu apa lagi Bunda? Bisa langsung dicoba ya. Tapi, dr Reisa berpesan, kalau sakit kepala tidak kunjung sembuh dan tak tertahankan, atau mengarah ke penyakit lain, baiknya Bunda segera konsultasikan ke dokter.

Dr Boy pun mengingatkan, "Hati-hati, sakit kepala ini menandakan ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh kita."



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi