parenting

Pertimbangan Penting Sebelum Bunda Memilih Produk Kosmetik Bayi

Annisa Karnesyia Jumat, 22 Mar 2019 10:27 WIB
Pertimbangan Penting Sebelum Bunda Memilih Produk Kosmetik Bayi
Jakarta - Banyaknya produk bayi seperti bedak tabur dan lotion bukan enggak mungkin bikin Bunda bingung sekaligus khawatir dampaknya pada kesehatan anak. Hal itu wajar kok dialami para Bunda.

Sebab, banyaknya jenis bahan yang terkandung dalam suatu produk bayi memang semestinya orang tua cermati agar tidak berdampak buruk pada anak. Dokter anak dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari, dr.Attila Dewanti Sp.A (K) mengatakan, setiap anak pada dasarnya berbeda-beda sejak lahir, terutama soal kondisi kulitnya. Nah, penggunaan produk bayi harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kekebalan anak agar tidak membahayakan.

"Menggunakan produk bayi harus disesuaikan dengan anaknya. Jika dia kebal dan tidak alergi, boleh untuk tidak menggunakan produk bayi sama sekali," ujar Attila dalam acara Talkshow dan Peluncuran Mitu Baby Liquid Powder di Ecology Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.



Beberapa bayi memiliki kulit yang sensitif atau kering sehingga produk bayi diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Bagi bayi yang memiliki kulit normal, tentunya boleh menggunakan produk bayi apapun.

"Biasanya kan ibu-ibu itu paling suka kalau lihat anaknya kelihatan cantik atau wangi, jadi semua produk bayi digunakan. Tapi, kalau tidak lihat kondisi anaknya apakah alergi atau sensitif, inilah yang harus diwaspadai," kata Attila.

Menurutnya, penting bagi orang tua untuk memeriksakan kondisi dan jenis kulit anak sedini mungkin. Hal ini untuk mencegah gangguan kesehatan karena salah penggunaan produk bayi dan agar mendapatkan produk yang sesuai untuk anak.

Jika anak memang sudah ada alergi tapi Bunda tetap ingin menggunakan produk bayi untuk alasan mempercantik si kecil, Attila menyarankan cari produk yang sudah diuji aman untuk alergi.

"Untuk anak alergi, ibu bisa cari produk bayi yang sudah diuji melalui hypoalergic test dan dermatology test. Artinya, secara umum aman untuk kulit normal dan kulit sensitif," tutup Attila.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi