parenting

Kelucuan Jan Ethes Saat Ditanya Pekerjaan Sang Ayah

Annisa Karnesyia Senin, 10 Jun 2019 12:01 WIB
Kelucuan Jan Ethes Saat Ditanya Pekerjaan Sang Ayah
Jakarta - Kelucuan cucu pertama Presiden RI Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra masih berlanjut. Kali ini, kelucuan Jan Ethes terkait sang ayah, Gibran Rakabuming.

Jokowi membagikan kelucuan cucunya itu ke akun Instagram miliknya, @jokowi. Melalui video singkat, Jokowi bersama anak bungsunya Kaesang Pangarep melakukan tanya jawab dengan Jan Ethes. Pertanyaannya, seputar profesi sang kakek dan ayahnya.


"Kaesang bertanya, Jan Ethes menjawab," tulis Jokowi.


Tanya jawab singkat pun dimulai saat Jan Ethes ditanyai siapa yang memangkunya. Tanpa banyak berpikir, Ethes langsung menjawab itu 'Mbah Jokowi' dan pekerjaannya adalah presiden.

Pertanyaan berlanjut saat Ethes ditanyai pekerjaan sang ayah. Sempat berpikir sebentar, cucu pertama Jokowi ini menjawab dengan lucu karena ucapannya yang belum jelas.

"Kalau bapak?" tanya Kaesang lagi.

"Kerja, kerjanya uaha (pengusaha)," jawab Ethes dibarengi tawa darinya, Jokowi, dan Kaesang.

[Gambas:Instagram]


Jawaban Ethes menggemaskan ya, Bun? Nah, mengajukan pertanyaan seperti yang dilakukan Jokowi dan Kaesang pada anak bisa memberikan manfaat lho, yaitu melatih kemampuan bicaranya.

Jika anak belum bisa membalas obrolan atau bicara, coba ajukan pertanyaan dan tunggu jawabannya selama beberapa detik. Tujuannya, untuk memberi anak kesempatan untuk berpikir dan menyusun jawabannya.

Selain itu, sering ajak anak berdiskusi sambil bermain. Menurut Psikiater anak dan remaja dr.Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K), bermain adalah cara yang baik untuk mendorong kemampuan anak bicara.

"Terutama untuk anak tiga sampai empat tahun stimulasi harus intens. Orang tua harus sering mengajak bermain bersama sambil berbicara dengan anak-anak," kata Gita, dikutip dari detikcom.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi