parenting

Cerita Bunda Syok Dapat Tagihan Rp11 Juta Akibat Game Online Anak

Ratih Wulan Pinandu Senin, 08 Apr 2019 14:00 WIB
Cerita Bunda Syok Dapat Tagihan Rp11 Juta Akibat Game Online Anak
Jakarta - Beberapa hari belakangan, para Bunda dikejutkan dengan curhatan seorang ibu di media sosial mengenai game online. Sang anak diam-diam membeli diamond dalam game online yang biasa dia mainkan.

Enggak tanggung-tanggung, Bun, anak tersebut menghabiskan tagihan pascabayar kartu seluler sang ayah hingga mencapai belasan juta. Kok bisa? Melansir akun Facebook Ainun Niswa, sang Bunda yang tidak disebutkan namanya itu bercerita kalau kecolongan atas aksi anaknya.

Pada mulanya, dia mengetahui sang anak suka memberi diamond lewat sebuah mini market. Saat itu, si ibu memarahi anaknya yang membeli diamond senilai Rp50 ribu. Namun, masalah enggak selesai sampai di situ, Bun.



Sekian lama berselang, bunda tersebut kaget setengah mati mendapati tagihan kartu pascabayar suaminya mencapai Rp6 juta lebih. Setelah mengecek email yang digunakan untuk bertransaksi, baru ketahuan kalau ada belasan notifikasi tanda terima pembelian diamond di tiga game online yaitu Free Fire, Mobile Legend, dan Minecraft.

Sang suami pun enggak kalah kagetnya, karena sama-sama tidak menyadari si anak bertransaksi menggunakan nomor handphone miliknya. Di tengah kepanikan tersebut, sang bunda ingat kalau sang anak pernah bertanya password email ayahnya. Ternyata dia berhasil mengubah password email dan login ke Google Play, Bun.

Keduanya tak pernah menyangka kalau sang anak bisa secerdik itu mengutak-atik teknologi. Setelah berhasil login, enggak ketinggalan dia menyertakan nomor handphone sang ayah untuk tagihan pembayaran. Namun sayangnya, sang anak enggak menyadari, Bun, kalau semua yang dia lakukan itu berbayar. Dia menyangka jika diamond bisa didapatkan secara gratis.

Sang anak juga enggak sadar, kalau dia mengubah setting kartu pascabayar sehingga limitnya menjadi Rp10 juta. Sang Bunda bertekad untuk segera menyelesaikan masalah tersebut dengan menghubungi provider ketiga game online tersebut. Ternyata masalah belum selesai.

Ada tagihan baru pada awal April sebesar Rp4,8 juta. Sehingga, total semua tagihan mencapai Rp11,5 juta. Sang bunda mengaku lemas atas kejadian tersebut. semoga segera selesai masalahnya ya, Bun.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Bunda harus enggak boleh lengah ya pada game yang dimainkan anak-anak. Menganggap mereka hanya anak kecil yang tidak paham teknologi dan dunia maya merupakan kesalahan yang harus segera disadari, Bun. Seringkali anak-anak penasaran dan tertarik untuk mencoba hal baru tanpa menyadari risikonya.

Cerita Bunda Shock Dapat Tagihan 11 Juta Akibat Game Online AnaknyaFoto: Thinkstock
Kejadian serupa pernah dialami penyanyi Rossa beberapa tahun silam. Anak semata wayangnya, Rizky Langit Ramadan pernah keasyikan bermain game berbayar hingga membuat tagihan kartu kreditnya mencapai belasan juta rupiah, Bun. Alhasil, Rossa tegas melarang anaknya untuk tidak bermain game itu lagi.

Psikolog anak dan keluarga, Amanda Margia Wiranata, mengatakan, Bunda harus pintar menjauhkan anak dari gadget saat mereka sudah terlihat kecanduan. Tekankan pada mereka bahwa ada hal yang lebih menarik dibanding main handphone, Bun.

Orang tua dituntut untuk kreatif untuk memikirkan permainan yang menarik untuk anak-anak. Ayah dan Bunda tidak boleh cepat menyerah menghadapi rengekan anak-anaknya. Siapkan alasan yang logis, saat menolak memberikan gadget pada anak-anak.

Sesekali, izinkan anak-anak untuk memegang gadget asal memiliki manfaat untuk mereka. Dijelaskan psikolog AnneliaSari Sani, M.Psi, sangat penting mengotrol penggunaan gadget pada anak.


"Agar penggunaan gadget dapat berfungsi optimal bagi tumbuh kembang anak, orang tua diharapkan dapat membuat aturan bagi anak, misalnya dengan membatasi maksimal jam penggunaan smartphone," tutur wanita yang akrab disapa Anne ini, dikutip dari detikcom.

Selain itu, beri batasan waktu juga ya, Bun agar anak tidak kelewatan bermain game online. Tetap prioritaskan permainan yang fokus pada perkembangan aktivitas dibanding berjam-jam main handphone.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi