Sign Up search


parenting

Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Cuma Hobi Ngemil

Annisa Afani Sabtu, 15 Feb 2020 14:15 WIB
Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Cuma Hobi Ngemil Ilustrasi anak susah makan/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda pasti pernah mengalami saat anak susah makan. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan. Seperti dikatakan Dr. Ir. Dwi Hastuti, M.Sc, selaku Kepala Divisi Perkembangan Anak, Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Anak yang memiliki masalah dengan selera makan, kemungkinan karena beberapa alasan. Pertama, belum waktunya bagi anak untuk makan, atau biasanya anak mengaku sudah merasa kenyang duluan," ujar Dwi, dalam acara Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, di Sentul, belum lama ini.

Ia menambahkan, ini biasanya terjadi karena anak sudah makan berbagai macam camilan seperti permen, es krim, kembang gula, dan makanan manis lainnya. Makanan-makanan tersebut tentu mengandung kadar gula dan lemak tinggi, sehingga perut anak yang sebenarnya masih kosong akan merasakan kenyang, tapi kenyang palsu.



Dwi menjelaskan lagi, Bunda harus mengenal lebih dekat dengan psikologis anak. Anak akan memiliki antusiasme dan merasa senang saat makan, apabila diajak makan bersama Bunda dan Ayah, seolah ia merasa memiliki teman dengan melakukan hal yang sama.

Lalu, perhatikan porsi makan anak. Caranya, Bunda bisa mencoba dengan memberi sedikit demi sedikit, serta mengajak anak untuk ikut menentukan seberapa banyak yang sekiranya dapat ia habiskan.

"Ibu bisa tanya langsung ke anak seperti, 'Ini ibu kasih segini dulu ya, nanti kalau habis, ibu tambah lagi ya'", Dwi mencontohkan.

Terakhir, ajak anak untuk memilih, menentukan, dan menyiapkan makanan bersama-sama. Secara psikologi, anak akan berpikir bahwa ia memiliki peran di dalamnya. Tidak hanya dijadikan objek, melainkan turut berpartisipasi, anak akan merasakan kegiatan menyiapkan makan sebagai hal yang menyenangkan.

Yang pasti, kegiatan makan itu harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan bagi anak ya, Bunda. Asalkan, jangan menyuapinya sambil berjalan-jalan. Makan itu adalah proses belajar, jadi biarkan anak belajar makan menggunakan tangannya sendiri, sambil duduk dengan tenang.

Gimana Bun? Sekarang sudah tahu ya bagaimana cara menyikapi anak yang susah makan? Nah sekarang Bunda bisa melihat video resep untuk membuat nasi kepal Doraemon untuk menarik perhatian anak ya Bun sebagai berikut ya Bun.





(AFN/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi