parenting

Pertanyaan Menyentuh dari Gempi untuk Papa Gading

Maya Sofia Selasa, 16 Apr 2019 16:37 WIB
Pertanyaan Menyentuh dari Gempi untuk Papa Gading Gading Marten dan Gempita/ Foto: Instagram @gadiiing
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Gading Marten dan Gisella Anastasia menghabiskan liburan di Bali dengan anak semata wayang mereka, Gempita Noura Marten atau akrab disapa Gempi. Meski telah bercerai, Gading dan Gisel tetap menjalin hubungan baik demi sang buah hati.

Gading pun mengunggah video liburan mereka di Bali di akun YouTube Papa Gading. Dalam video itu, terlihat Gading dan Gisel menemani Gempi bermain di playground.


Setelahnya, mereka menikmati makan di sebuah restoran. Ketika itu, Gading merekam pembicaraannya dengan Gempi. Gading bertanya mengenai pengalaman Gempi menaiki kapal selam di Pulai Dewata.

Dengan bersemangat, bocah empat tahun itu bercerita tentang ikan dan penyelam yang dilihatnya dari kapal selam. Kemudian obrolan berlanjut soal pantai.

"Later i go to the beach. He-he-he. With you dad?" ucap Gempi sumringah.

"Yeah, you are so excited?" tanya Gading.

"Yeah, with you in the beach," jawab Gempi.

Pertanyaan Menyentuh dari Gempi untuk Papa GadingGading dan Gempi/ Foto: Instagram
"You know we go to the beach before," lanjut Gempi mengingatkan sang ayah.

"Dahulu kamu takut," goda Gading.

"Yeah. Now i'm not. And..." ucapan Gempi terhenti sebentar.

"Why you are here? To me?" tanya Gempi sambil menatap ke arah Gading.

"Kan nemenin Empi," jawab Gading.

"Why you are here now? But later you are not coming here?" tanya Gempi yang langsung mendapat kecupan dari Gading.

"Sudah ya," ujar Gading berusaha mengalihkan pembicaraan. "Ah, not yet," teriak Gempi.

Pertanyaan Menyentuh dari Gempi untuk Papa GadingFoto: Instagram
Melihat percakapan Gempi dan Papa Gading bikin sedih ya, Bunda. Ternyata Gempi sudah mulai merasakan bahwa sang ayah tak bisa selalu menemaninya setiap waktu.

Saat ini, Gempi memang masih kecil dan belum mengerti soal perpisahan yang dialami orang tuanya, Bunda. Namun, sebagai ayah, Gading sudah menyiapkan jawaban bila suatu saat Gempi bertanya soal perceraian dengan Gisel.

"Kalau dia nanya, waktu itu bagaimana sih pa pernikahan papa sama mama, i will tell her it was beautiful. Walaupun memang enggak berakhir dengan indah, tapi aku akan bilang sama Gempi, masa-masa sama mama itu menyenangkan," ujar Gading beberapa waktu lalu.

Perceraian pada orang tua sangat berdampak bagi anak, Bun. Menurut Profesor Family Social Science di University of Minnesota, Steven Harris, perceraian bisa mengganggu perkembangan normal dalam kehidupan anak-anak.

"Misalnya, mengakibatkan anak menjadi tidak fokus dengan studinya atau hubungan dengan teman sebayanya." kata Harris, dikutip dari CNN Indonesia.

Tak hanya itu, kata Harris, gender pun agaknya mempunyai peran pada respons anak menghadapi perceraian. Efek perceraian pada remaja perempuan cenderung membuat mereka lebih tertekan dan terisolasi.


"Mereka akan menutup diri. Sedangkan anak laki-laki cenderung meluapkannya. Mereka akan mengekspresikan kemarahan mereka dengan cara yang berbeda," ujarnya.

Itu sebabnya, ketika orang tua memutuskan akan bercerai, mereka harus tahu risiko apa yang akan dihadapi anaknya kelak. Mereka pun harus bisa menjelaskan alasan perpisahan agar anak bisa menerimanya.

[Gambas:Video Haibunda]




(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi