parenting

Manfaat Sarapan Sebelum Beraktivitas Seperti Ma'ruf Amin

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 17 Apr 2019 10:10 WIB
Manfaat Sarapan Sebelum Beraktivitas Seperti Ma'ruf Amin
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin, juga turut memberikan hak suaranya. Namun, tak lupa Ma'ruf menyempatkan diri berolahraga sebelum nyoblos di kediamannya, Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta.

Dilaporkan, Ma'ruf menggunakan sarung dan peci saat menaiki sepeda statisnya. "Ya ini kan mau siap-siap. Kemarin kan juga sempat pakai celana training," ucap Ma'ruf di lokasi, Rabu (17/4/2019).

"Olahraga seperti ini sudah biasa dilakukan. Bahkan setiap hari. Enak ya, yang penting happy, ini sudah biasa saja," kata Ma'ruf.


Setelah olahraga, Ma'ruf menyempatkan sarapan bubur dan segelas teh hangat. Ma'ruf pun sempat bercerita biasa bersarapan dengan bubur dan nasi goreng.

"Paling enak nasi goreng pakai telor mata sapi itu enak sekali," jelasnya.



Dikatakan, Ma'ruf mencoblos bersama keluarga di TPS 51, Koja, Tanjung Priok. "Ada Pak Monang juga (koordinator media Jokowi-Ma'ruf)," tambahnya.

Usai minum teh dan makan bubur, Ma'ruf berbincang santai di meja makan bersama tim internal dan tim pengawal. Rencananya, Ma'ruf akan mencoblos pada pukul 10.00 WIB.

"Agak berubah sedikit dari rencana awal. Abah dan rombongan akan berangkat ke Koja sekitar pukul 09.00 WIB dan akan menggunakan hak pilih skitar jam 10.00 WIB," papar Monang dalam keterangan tertulis yang diterima HaiBunda.



Sarapan sebelum beraktivitas seperti dilakukan Ma'ruf Amin memang penting dilakukan, terlebih untuk anak-anak, Bun. Dikutip dari Healthy Eating, manfaat rutin sarapan sebelum beraktivitas bagi Bunda, Ayah, dan juga si kecil yaitu:


1. Meningkatkan konsentrasi


Sarapan ibarat menyediakan bahan bakar untuk otak dalam berpikir. Sehingga, ketika sudah sarapan dipastikan ada bahan bakar bagi otak dan seseorang pun lebih fokus dan konsentrasi.

2. Nilai yang lebih bagus

Studi dalam Journal of Economics menemukan anak yang sarapan punya nilai 25 persen lebih baik dalam tes matematika, membaca, dan sains. Peneliti percaya ini karena sarapan membuat otak lebih mudah mencerna informasi, menyelesaikan masalah, dan berkonsentrasi.



3. Lebih sehat

Studi di journal Frontiers in Human Neuroscience menemukan anak yang rutin sarapan 20 - 60 persen memiliki kandungan zat besi, vitamins B, serta dan vitamin D dibanding anak yang tidak sarapan. Anak yang rutin sarapan juga lebih terpenuhi kebutuhan serat dan memiliki kadar kolesterol lebih rendah.

Manfaat Sarapan Sebelum Beraktivitas Seperti Ma'ruf AminFoto: TKN
Sementara itu, berolahraga sebelum beraktivitas bisa meningkatkan kemampuan akademik para siswa. Studi yang dilakukan Cato College of Education menyebutkan selain itu, siswa juga lebih percaya diri ketika di sekolah.

"Rutin berolahraga selama 15 menit, misalnya dengan aerobik, itu sudah bermanfaat bagi siswa. Mereka jadi lebih fokus, konsentrasi, mood-nya lebih baik, dan memiliki nilai matematika lebih baik," kata salah satu peneliti, Erik Byker dikutip dari situs Inside UNC Charlotte.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi